Bagikan:

JAKARTA – Sama seperti platform perpesanan yang lain, iMessage juga bisa mengalami masalah pengiriman. Ada saat di mana tanda ‘Terkirim’ muncul, tetapi pesannya tidak sampai di pengguna iOS lain.

Tanda Terkirim memang memberikan arti bahwa pesan belum dibaca. Namun, ada saat di mana pesan ini memang belum sampai di perangkat lain karena permasalahan internal seperti konektivitas hingga error yang perlu ditangani.

Ada beberapa cara untuk menyelesaikan masalah ini. Mengutip dari Makeuseof, cara pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa koneksi internet, baik dari data seluler maupun Wi-Fi. Jika keduanya bermasalah, tentu saja pesan tidak akan sampai di penerima.

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah memeriksa apakah iMessage sudah diaktifkan atau belum. Untuk memeriksanya, pergi ke Pengaturan dan buka Pesan. Jika tandanya sudah aktif, coba matikan dan tunggu beberapa saat sebelum menyalakan kembali.

Berikutnya, coba untuk me-restart paksa perangkat Anda. Dengan melakukan cara ini, semua proses di perangkat akan berhenti secara otomatis. Layar ponsel nantinya akan berubah menjadi hitam sebelum logo Apple muncul dan layar beroperasi lagi seperti biasa.

Terakhir, Anda bisa mengeluarkan akun Apple sebagai penyelesaian. Coba untuk keluarkan akun Apple, kemudian masuk kembali. Untuk mengeluarkan akun, buka Pengaturan dan pilih Pesan, kemudian ketuk Kirim & Terima.

Setelah itu, pilih ID Anda dan ketuk Keluar. Tunggu beberapa saat sebelum masukan kembali ID Apple hingga kembali tersambung. Cara ini mungkin berpengaruh karena mayoritas permasalahan iMessage terjadi karena ID Apple penggunanya.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani masalah pesan yang tidak terkirim di iMessage. Pastikan untuk terus memperbarui versi iOS di perangkat Anda agar masalah seperti ini tidak terjadi di kemudian hari.