Cara Memperbaiki Masalah iMessage yang Keluar di Perangkat iPhone
 Memperbaiki iMessage di iPhone (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Beberapa pengguna iPhone mungkin pernah melihat pop-up notifikasi bertuliskan, “iMessage sudah keluar.” Jika Anda sedang mengalami masalah ini, Anda tidak perlu khawatir.

Mengutip dari Makeuseof, Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Pertama, pastikan bahwa iMessage tidak dalam keadaan nonaktif. Untuk mengetahui apakah aplikasi Anda aktif, buka Pengaturan di perangkat Anda.

Setelah itu, pilih Messages dan lihat toggle button untuk menu iMessage. Jika toggle button-nya berwarna abu-abu, maka iMessage sedang tidak aktif. Anda hanya perlu mengetuk toggle button hingga berwarna hijau agar iMessage aktif kembali.

Berikutnya, Anda bisa memeriksa nomor telepon dan ID Apple yang disematkan ke iMessage. Pastikan bahwa iMessage Anda terhubung dengan nomor telepon dan ID Apple. Tanpa keduanya, iMessage tidak akan berfungsi.

Untuk memeriksa akun yang terhubung, buka Pengaturan dan ketuk Messages, kemudian cari opsi Kirim dan Terima di bawah tombol iMessage. Jika keterangan yang Anda lihat adalah Tidak Ada Alamat, Anda hanya perlu mengisi ID Apple untuk mengaktifkan iMessage.

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa status server Apple. Ada kemungkinan bahwa masalah ini terjadi dari pihak Apple, bukan karena kesalahan perangkat. Untuk melihat statusnya, buka halaman Status Sistem Apple di browser.

Saat situs webnya sudah terbuka, pastikan warna yang terlihat di samping keterangan iMessage. Jika warna yang terlihat adalah hijau, maka server Apple sedang baik-baik saja. Namun, jika yang Anda lihat berwarna kuning, maka server Apple sedang bermasalah.