Tim Cook Tak Peduli Pertukaran Pesan Apple dan Android Masih Bermasalah
Tim Cook saat peluncuran iPhone terbaru, 7 September. (foto: twitter @tim_cook)

Bagikan:

JAKARTA - CEO Apple Tim Cook menolak ide untuk mengadopsi pesan RCS guna mengakhiri gelembung hijau yang mengelilingi pesan ketika pengguna iPhone mengirim pesan teks kepada seseorang di perangkat Android.

Selama ini, pesan yang dikirim dari kedua OS ini tak pernah selalu mulus. Pihak Apple terkesan jumawa dengan tidak menganggap hal itu sebuah masalah bagi mereka. Sebaiknya pihak Android yang dimotori Google, masih uring-uringan dengan ketidakmulusan pesan antara Apple dan Android dibagikan.

"Saya tidak mendengar pengguna kami meminta agar kami mencurahkan banyak energi untuk itu pada saat ini," kata Cook, seperti dikutip The Verge.  

Ia menyatakan itu ketika ditanya bagaimana perasaan pendiri Apple, Steve Jobs, tentang penggunaan standar RCS di iMessage selama acara Vox Media's Code 2022 pada Rabu malam, 7 September. Sebaliknya, Cook berkata, "Saya ingin mengubah Anda menjadi iPhone."

Tetapi orang yang mengajukan pertanyaan, LiQuan Hunt dari Vox Media, kembali dengan keluhan yang sama. Ia  mengatakan bahwa ibunya tidak dapat melihat video yang dia kirimkan kepadanya. Semuanya bermuara pada kurangnya interoperabilitas antara iMessage dan RCS, kedua sistem perpesanan yang dapat memungkinkan gambar dan video berkualitas lebih tinggi, jika mereka bekerja bersama.

Jika Anda mencoba mengirim video dari Android ke iOS (atau sebaliknya) menggunakan aplikasi perpesanan teks biasa, maka Anda tahu bahwa video Anda benar-benar kabur di salah satu gadget. Saran Cook untuk memperbaiki masalah yang mengganggu ini? "Belikan ibumu iPhone."

Meskipun mungkin tampak konyol, warna gelembung di iMessage yang membedakan pengguna Android (hijau) dari sesama pengguna iPhone (biru) telah menjadi bahan perdebatan. Kampanye Google untuk mempermalukan Apple secara terbuka untuk mengadopsi standar mereka jelas tidak berpengaruh pada Cook, yang secara publik berfokus pada opini dari orang-orang yang memiliki iPhone.

Tentu saja, ada alasan lain untuk menghindari penambahan RCS. Email yang digali dalam uji coba Epic menunjukkan wakil presiden senior Apple dari rekayasa perangkat lunak Craig Federighi mengatakan, "iMessage di Android hanya akan berfungsi untuk menghilangkan [suatu] hambatan bagi keluarga iPhone yang memberikan ponsel Android kepada anak-anak mereka."