Penipuan Kripto di Streaming YouTube, Tampikan Wawancara dengan Tim Cook yang Sudah Diedit
Wawancara Tim Cook dengan CNN dijadikan bahan penipuan. (foto: tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA – Sebuah akun di YouTube menyiarkan langsung wawancara lama antara Tim Cook dengan media yang tampaknya digunakan untuk menarik perhatian pada penipuan kripto. Saat video itu  ditayangkan, puluhan ribu pemirsa sedang menonton.

 Siaran langsung palsu itu mendapatkan perhatian dengan banyaknya  deskripsi  sederet kata kunci Apple baik di judul maupun di deskripsi. Tetapi ketika netizen benar-benar membukanya, maka siaran video itu dipenuhi dengan pesan-pesan aneh yang menghubungkan ke situs crypto yang tampak teduh.

Aliran itu memiliki banyak tanda palsu. Judulnya saja aneh. Misalnya, “Apple Event Live. CEO Apple Tim Cook: Apple & Metaverse at 2022.”  dan itu menunjukkan wawancara lama yang dilakukan CNN dengan Cook pada tahun 2018.

Streamer juga menambahkan logo Bitcoin dan Ethereum ke streaming video, yang menutupi logo CNN Money dengan teks “Apple Crypto Event 2022,” .. Penipu juga  menambahkan teks tebal bertuliskan “ BERITA URGENT” di bagian bawah.

Apabila netizen benar-benar mengklik halaman saluran yang diklaim sebagai "Apple LIVE", maka URL tersebut tidak ada hubungannya dengan Apple. Hal ini  bisa menunjukkan bahwa saluran tersebut memiliki tujuan yang berbeda pada satu titik tetapi dibajak oleh aktor jahat dan digunakan untuk menjadi tuan rumah streaming.

YouTube tidak segera menanggapi permintaan komentar dari The Verge tentang siaran palsu ini. Tak lama setelah cerita ini diterbitkan, aliran itu dihapus karena melanggar persyaratan layanan YouTube.

Streaming langsung palsu  ini jelas bukan dari Apple. Namun akhirnya menjadi  sorotan utama yang tertuju pada perusahaan. Pasalnya Apple menyiarkan acara pengumuman iPhone 14  beberapa jam yang lalu, dan CEO Tim Cook saat ini sedang diwawancarai di konferensi Kode Vox Media malam ini.

Streaming menyesatkan ini tampaknya merupakan upaya untuk menipu orang-orang yang mungkin menyadari bahwa Apple sedang mengalami hari besar tetapi tidak tahu persis apa yang sedang terjadi.

Banyak netizen mengaku menemukan streaming itu  karena direkomendasikan di beranda YouTube— yang mungkin sebagian karena mereka sebelumnya telah menonton video Apple dari acara tersebut sepanjang hari. Bahkan saat mulai menonton streaming palsu, netzine sempat melaporkan terdapat sekitar 16 ribu pemirsa. Bahkan netizen lain mengklaim permisanya sempat mencapai  hampir 70 ribu orang.

The Verge juga menemukan streaming langsung di saluran terpisah  dan juga samar, yang mengklaim bahwa mereka adalah "Apple Inc". Streaming itu dimaksudkan sebagai acara yang menampilkan Cook dan CEO Tesla, Elon Musk, berbicara  tentang Apple dan metaverse. Padahal itu sebenarnya itu adalah wawancara tentang Bitcoin dengan Musk dan pemimpin Blok, Jack Dorsey.

Namun  streaming itu juga ditonton banyak orang bahkan mencapai di atas 10.000 pemirsa, dan juga ditautkan ke situs crypto yang tampak samar dalam obrolan. Kini streaming itu  juga telah dihapus.