Bagikan:

JAKARTA - Apple baru saja melaporkan pendapatan 89,6 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada Q2 2021 alias kuartal kedua. Pendapatan yang cukup besar itu disebabkan oleh penjualan iPhone 12 yang paling banyak diminati.

Jika dibandingkan tahun lalu, penjualan iPhone secara mengejutkan meningkat 47 miliar dolar AS untuk Q2 2021, jumlahnya naik 28 miliar dolar AS pada periode yang sama di tahun lalu, sesuai dengan rincian pendapatan kuartalan Apple.

CEO Apple Tim Cook mengonfirmasi bahwa model reguler dari iPhone 12 adalah ponsel paling populer yang terjual selama kuartal tersebut, meskipun penjualan model Pro juga terbilang kuat, seperti dikutip dari The Verge, Kamis 29 April.

Penjualan juga tumbuh pada produk lainnya, seperti Service Apple yang mencapai 16,9 miliar dolar AS (naik dari 13,3 miliar dolar AS pada kuartal yang sama tahun lalu) dan pertumbuhan serupa juga terjadi pada iPad dan Mac.

Memang, tiga kuartal terakhir telah menjadi kuartal penjualan terbaik yang pernah ada untuk Mac, yang diakui juga oleh Apple. Kemungkinan besar disebabkan karena penyesuaian kembali ke pekerjaan dari rumah bagi banyak konsumen, tetapi juga peningkatan portofolio produk Mac.

BACA JUGA:


Penjualan Apple tumbuh setidaknya 35 persen di setiap wilayah, dan meski mayoritas pasar Apple masih berada di Amerika dengan pendapatan 34,3 miliar dolar AS. Apple juga memiliki pertumbuhan terbesar di pasar China yang naik 17,7 miliar dolar AS pada Q2 2021 dari 9,4 miliar dolar AS pada Q2 2020. 

Di samping itu, perusahaan juga optimis tentang produk baru yang terungkap selama acara Apple Spring Loaded belum ini, termasuk iMac dan iPad Pro bertenaga M1, serta aksesori pelacak Apple AirTags.

Apple akan melihat bagaimana produk barunya tersebut berdampak pada angka pendapatan Q3 2021, tetapi mengingat angka yang dilihat hari ini, jelas bahwa penjualan Apple tampaknya tidak terpengaruh oleh pandemi COVID-19 dan kondisi kuncitara.

Tetapi efek pandemi justru berdampak pada pasokan komponen yang terus berlanjut di seluruh dunia teknologi, terutama pada Apple, dengan penjualan yang diharapkan pada Q3 2021 hingga 4 miliar dolar AS. Cook menegaskan kembali bahwa efek pasokan ini tidak memengaruhi penjualan Q2.

Selama panggilan pendapatan, Tim Cook melipatgandakan pengembangan dan produksi AS dengan rencana untuk menginvestasikan 430 miliar dolar AS dalam operasi perusahaannya di AS selama lima tahun ke depan. Seperti membangun kampus baru di North Carolina dan meningkatkan fokus pada pengembangan silikon juga inovasi teknologi 5G.