Bagikan:

JAKARTA - OrCam Technologies  sebuah startup Israel yang memproduksi wearable berbasis kecerdasan buatan (AI) yang membantu orang dengan gangguan penglihatan. OrCam MyEye adalah perangkat nirkabel kecil yang dapat dipasang pada kacamata.

Dengan teknologi AI, perangkat ini dapat membaca teks cetak dan digital dari berbagai permukaan dan mengucapkannya secara lisan kepada pengguna perangkat tersebut. Koran, buku, layar komputer dan smartphone, menu restoran, label produk supermarket, dan tanda jalan menjadi lebih mudah diakses oleh pengguna.

Pada tahun 2020, Lionel Messi bergabung sebagai duta besar OrCam. Bintang sepak bola asal Argentina ini akan memberikan satu OrCam MyEye setiap tahun kepada seseorang dengan gangguan penglihatan yang memiliki kisah inspiratif. Tahun ini, penerima hadiahnya adalah Domingos José dos Santos. Domingos merupakan penduduk asli Bahia, Brasil. Messi menggunakan Instagram untuk berbagi kisah Domingos.

"Saya bangga bisa berbagi kisah mengharukan Domingos, seorang mahasiswa tunanetra dari Bahia, Brasil. Berkat teknologi OrCam MyEye yang revolusioner, kehidupan Domingos telah berubah, memberikannya lebih banyak kemandirian, memungkinkannya untuk kuliah, dan membantunya mencapai impian terbesarnya," tulis Messi di Instagramnya.

Domingos kehilangan penglihatannya ketika berusia dua tahun dalam sebuah kecelakaan. Dia sangat senang setelah menggunakan perangkat ini karena akhirnya bisa membaca buku fisik pertamanya. Perangkat ini juga membantunya mengenali orang-orang terdekatnya dan merasa bahwa teknologi ini membuatnya merasa inklusif. OrCam MyEye berpotensi memiliki dampak besar pada kehidupan jutaan orang di masa depan.

Terdapat 1,4 juta anak usia 0-14 tahun dengan gangguan penglihatan lengkap. Data lebih lanjut menyebutkan bahwa 22,6 juta anak memiliki gangguan penglihatan moderat hingga parah, dan 46,6 juta anak mengalami gangguan penglihatan ringan.

Sementara itu, jika digunakan dengan bijak, OrCam MyEye dapat berdampak besar pada kehidupan jutaan anak dengan gangguan penglihatan. Dengan kemajuan dalam bidang kecerdasan buatan (AI), kita dapat mengharapkan perangkat ini akan terus berkembang, memberikan bantuan yang lebih besar bagi mereka yang tunanetra.

OrCam berkomitmen untuk membuat dunia lebih terbuka bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan, dan Messi turut berperan dalam misi tersebut