Fitur-Fitur Baru yang Bakal Disematkan Apple di iPhone 12
Bocoran desain iPhone 12 (Everythingapplepro)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang peluncurannya besok, leaker handal Max Weinbach membagikan beberapa detail menarik tentang iPhone 12. Termasuk kapasitas baterai dan fitur-fitur baru yang disematkan pada kamera iPhone 12.

Mengutip Macrumors, Selasa 12 Oktober, melalui akun Twitter @PineLeaks, Weinbach melaporkan varian iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max akan mendapatkan sedikit peningkatan dalam masa pakai baterai sekira satu jam lebih lama dibanding generasi sebelumnya.

Weinbach mengklaim bahwa peningkatan baterai ini hanya untuk model Pro. Sedangkan pada catatannya, iPhone 12 mini yang berukuran 5,4 inci bisa memiliki masa pakai baterai yang lebih buruk daripada iPhone 11, karena faktor bodinya yang lebih kecil. Artinya, Apple mungkin tidak dapat memasukkan baterai sebesar yang mereka inginkan. 

Lainnya, rumor hari ini menunjukkan bahwa fitur yang disebut sebagai "dynamic zoning algorithm" akan dikirimkan dalam jajaran iPhone 12. Fitur ini kabarnya bisa meningkatkan kinerja Face ID.

Untuk iPhone 12 mini, ponsel ini diklaim datang dengan takik yang lebih kecil secara horizontal, tetapi sedikit lebih besar secara vertikal untuk memberi ruang bagi sensor Face ID.

Weinbach juga melaporkan bahwa kamera pada iPhone 12 akan ditingkatkan dalam kemampuan fitur zoom digital dan optik. Rumor ini ada setelah leaker Kang menyatakan iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max akan memiliki kemampuan zoom sebesar 4x dan 5x.

"Zoom digital yang ditingkatkan akan dicapai dengan menggabungkan beberapa bingkai pada tingkat zoom yang berbeda dan menumpuknya bersama-sama, ini akan menghasilkan perpaduan antara pemangkasan dan zoom optik," ungkap kang.

Kang menambahkan, nantinya algoritme yang didasarkan pada Deep Fusion akan menangani perataan dan penajaman yang benar. Sedangkan sisanya, ditangani oleh kemampuan Smart HDR 3.

Lainnya dari Weinbach, Apple dilaporkan juga menambahkan lensa Ultra Wide di jajaran iPhone 12, yang pastinya kamera pada ponsel ini mendapatkan aperture 35 persen lebih besar, sehingga memungkinkan peningkatan pada kinerja cahaya rendah secara keseluruhan.

Laporan tersebut menunjukkan kemampuan mode potret untuk perekaman video juga telah dikembangkan. Namun, secara teoritis kemampuan tersebut dapat ditambahkan pula dalam pembaruan iOS 14 mendatang. iPhone 12 juga akan mendukung video resolusi 4K pada 120fps dan 4K pada 240fps.

Penasaran dengan jajaran iPhone 12? Siap-siap karena besok Apple akan meluncurkan ponsel ini di acara "Hi, Speed" yang diselenggarakan secara daring, dimulai pada pukul 10 pagi waktu setempat.