<i>The Next</i> Samsung Galaxy Fold 2 Punya Layar yang Lebih Lebar
Desain Samsung Galaxy Fold 2 (Twitter @BenGeskin)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak kehadirannya, ponsel layar lipat punya daya tarik tersendiri. Kini tujuh bulan berselang, Samsung berencana untuk meluncurkan kembali smartphone Galaxy Fold generasi kedua. 

Sejatinya Samsung telah memproduksi dua varian ponsel layar lipat, yakni Galaxy Fold dan Galaxy Z Flip. Dirangkum dari CNET, Samsung Galaxy Fold generasi kedua ini akan dirilis pada bulan Agustus mendatang. 

Berdasarkan bocoran desain yang dibagikan Ben Geskin, melalui akun Twitternya. Penerus Galaxy Fold ini mempunyai ukuran 7,59 inci dengan resolusi layar 2.213 x 1.689 piksel. 

Selain dimensi ponsel yang jadi lebih besar. Samsung masih mempertahankan konsep desain dari Galaxy Fold, perubahan minor terjadi di panel layar bagian depan.

Ukuran panel layar di bagian depannya diperluas menjadi 6,23 inch. Di mana pada seri pendahulunya bagian layar depan memiliki ukuran 4,6 inch, menggunakan panel Dynamic AMOLED dengan resolusi 2267 x 819 dan refresh rate 60 Hz.

Bila Galaxy Fold generasi pertama mengadopsi desain kamera Samsung S10. Maka di Galaxy Fold generasi kedua akan menggunakan konfigurasi susunan empat kamera seperti Samsung S20 plus, dengan lensa utama 12 MP, bersanding dengan lensa telefoto 64 MP, lensa ultrawide 12 MP dan ToF. 

Sementara untuk bagian depannya, Samsung akan menggunakan konfigurasi punch-hole untuk menempatkan kamera selfie beresolusi 10 MP. Sehingga tampilan layar akan menjadi lebih luas dari seri pendahulunya.

Menariknya Samsung akan membekali Galaxy Fold 2 dengan stylus atau S-Pen layaknya Galaxy Note. Hal ini dimungkinkan untuk mendukung kemampuan multitasking Galaxy Fold dalam format tablet.

Untuk daya tahan, Galaxy Fold generasi kedua mengalami peningkatan kapasitas baterai menjadi 4.500 mAh. Di mana seri pendahulunya hanya memiliki kapasitas baterai 4.380mAh. 

Galaxy Fold 2 juga mendukung fitur pengisian nirkabel atau Samsung PowerShare. Jadi bila ada perangkat lain yang mendukung wireless charging, Galaxy Fold 2 bisa berfungsi menjadi powerbank cadangan dan dilengkapi pengisian daya cepat hingga 45W.

Samsung Galaxy Fold 2 akan dipasarkan dalam beberapa varian warna, yakni Martian Green dan Astro Blue. Smartphone layar lipat ini akan ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus yang dibekali kapasitas penyimpanan 256GB dan 512GB.

Belum ada bocoran harga dari smartphone anyar Samsung ini. Namun sejumlah rumor mengatakan, Galaxy Fold 2 akan dibanderol dengan harga lebih murah dari versi originalnya. 

Sebagai pembanding, varian pertama Samsung Galaxy Fold yang diluncurkan September tahun lalu itu dijual dengan harga 1.980 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp32 jutaan. Kendati bakal dijual lebih murah, kurs Rupiah terhadap dolar masih akan membuat harga ponsel ini tetap mahal dari generasi pertamanya.