Samsung Galaxy Z Fold 2 yang Semakin Mewah
Samsung Galaxy Z Fold 2 (GSM Arena)

Bagikan:

JAKARTA - Ada lima gawai baru yang diperkenalkan Samsung pada acara Galaxy Unpacked, tadi malam. Namun yang paling menarik perhatian adalah model terbaru dari Samsung Galaxy Z Fold 2.

Penerus dari Galaxy Fold yang diluncurkan pada tahun lalu ini, hadir dengan banyak peningkatan. Bahkan boy grup BTS yang menjadi brand ambassador Samsung juga ikut terpana dengan produk baru ini. 

"Galaxy Z Fold 2 menjadi game changer untuk pengalaman sebuah ponsel flagship kelas atas," kata Global Sales and Marketing Samsung, Victor Delgado, saat acara Galaxy Unpacked, Kamis 5 Agustus.

Sesuai rumor, Samsung mengubah tampilan layar Galaxy Z Fold 2 menjadi lebih besar dan nyaris tanpa bezel. Kini, Galaxy Z Fold 2 memiliki layar depan dengan bentang layar 6,2 inci, sedangkan saat dibuka, smartphone ini memiliki layar utama sebesar 7,6 inci.

Untuk mengoptimalkan bentang layarnya, Samsung juga mengusung desain Infinity O, berupa punch-hole yang membuatnya nyaris tanpa notch. Kemampuan refresh rate layar juga ditingkatkan menjadi 120Hz.

Samsung juga membuat dimensi bodi Galaxy Z Fold 2 menjadi lebih tipis. Bahkan ketika dibentangkan maupun saat layar dilipat, smartphone ini punya ketebalan 6,0 mm yang membuatnya lebih ramping dan nyaman disimpan dalam kantong. 

Samsung turut mendengarkan masukan dari pengguna Galaxy Fold generasi pertama. Masih menggunakan material Ultra Thin Glass (UTG), Samsung mengklaim durabilitas dari lapisan kaca ini mempunyai ketahanan yang lebih baik. 

Di mana Samsung menyematkan teknologi Y-Octa OLED pada lapisan layarnya. Teknologi display membuat lapisan panel sentuh di layar menjadi lebih tipis dan ringan. 

Tak hanya itu, Galaxy Z Fold 2 juga mengadopsi mekanisme engsel baru yang membuat smartphone ini bisa dibuka pada posisi 75 derajat, 90 derajat dan 115 derajat. Hal ini membuat ruang lipatan di ponsel ini menjadi lebih tipis, sehingga debu atau serpihan benda lainnya tak bisa masuk di antara celah engsel pada layar.

Sayangnya Samsung tak menjelaskan lebih detil dari produk anyarnya itu. Baik itu konfigurasi kamera yang akan digunakan maupun spesifikasi hardwarenya. Hanya menyebutkan baterai berkapasitas 4.365 mAh yang mendukung fast charging 15 watt.

Meski begitu, ponsel ini sudah menjalankan sistem operasi Android 10 dengan user interface One UI 2.5. Detil dari Galaxy Z Fold 2 ini akan dijelaskan pada saat pre-order Samsung, pada 1 September mendatang.