Bagikan:

JAKARTA - Samsung dikabarkan akan mengatasi salah satu masalah terbesar pada ponsel lipat dengan memberikan fitur tahan debu pada perangkat terbarunya, Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6. Menurut bocoran terbaru, kedua perangkat ini akan menjadi ponsel lipat pertama di AS yang memiliki sertifikasi tahan air dan debu.

Pekan lalu, bocoran besar mengungkap hampir semua tentang ponsel lipat terbaru Samsung, Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6, yang akan diumumkan secara resmi pada acara Galaxy Unpacked tanggal 10 Juli. Bocoran tersebut mencakup gambar pemasaran resmi dan materi pers, sehingga memberikan gambaran yang jelas tentang perubahan yang akan datang.

Sejak awal, ponsel lipat telah menghadapi masalah daya tahan. Samsung Galaxy Z Fold pertama bahkan rusak di tangan para pengulas sebelum tersedia untuk konsumen. Model-model berikutnya, seperti Z Fold 2, Z Fold 3, dan Z Flip, mengalami perbaikan namun masih memiliki kekhawatiran terkait daya tahan. Baru pada Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Fold 4, Samsung tampaknya berhasil menyempurnakan desain ponsel lipat.

Pada awalnya, ponsel lipat rentan, tidak tahan air, dan memiliki layar yang lemah. Akhirnya, Samsung menambahkan ketahanan air dengan sertifikasi IPX8 pada model terbaru. Namun, ponsel lipat tersebut masih tidak memiliki ketahanan debu, membuatnya rentan terhadap masalah daya tahan seiring waktu. Ini bukan masalah eksklusif Samsung; ponsel lipat Motorola adalah satu-satunya yang memiliki ketahanan debu di Amerika Utara, namun tidak tahan air melebihi IPX2.

Jika bocoran terbaru dapat dipercaya, Samsung akan membuat perubahan besar dengan mengungkap ponsel lipat yang tahan debu dan air. Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 dilaporkan akan memiliki sertifikasi IP48, memberikan perlindungan dari debu dan air.

Sertifikasi IP dapat dipahami dengan melihat angka pertama dan kedua secara terpisah. Angka pertama mewakili tingkat ketahanan debu, dan angka kedua mewakili tingkat ketahanan air. Ponsel Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip sebelumnya memiliki sertifikasi IPX8, yang berarti tidak memiliki ketahanan debu. Namun, angka '8' adalah tingkat ketahanan air tertinggi, memungkinkan perangkat bertahan direndam dalam beberapa meter air selama setidaknya 30 menit.

Ketahanan air selalu penting pada smartphone karena digunakan hampir sepanjang waktu. Namun, pada ponsel lipat, ketahanan debu bisa lebih penting. Ada celah yang memungkinkan debu dan kotoran masuk melalui mekanisme engsel, serta lebih banyak bagian yang bergerak dibandingkan dengan smartphone biasa. Satu butir debu saja yang masuk ke engsel atau di bawah layar dapat menyebabkan kerusakan besar.

Sertifikasi IP48 pada Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 berarti partikel debu besar tidak akan mengganggu operasi ponsel. Meski tidak sepenuhnya tahan debu (yang akan menjadi IP6X), ini merupakan peningkatan yang signifikan. Objek yang lebih besar, seperti yang berukuran 1mm atau lebih, tidak akan dapat masuk ke dalam ponsel lipat baru Samsung.

Peningkatan ini diharapkan dapat meningkatkan daya tahan ponsel lipat Samsung secara signifikan, menjadikannya lebih tahan terhadap masalah yang disebabkan oleh debu dan kotoran.