Bakal Punya Ponsel Lipat Anti Debu, Bos Samsung: Tolong Sabar!
Samsung berencana untuk membuat ponsel lipatnya lebih tahan debu (foto: dok samsung)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung berencana untuk membuat ponsel lipatnya lebih tahan debu atas permintaan konsumen, dan perusahaan tengah melakukan berbagai cara untuk mewujudkannya.

"Kami sangat menyadari permintaan konsumen akan anti debu, dan kami melakukan berbagai upaya untuk mencapainya," kata Presiden Bisnis Seluler Samsung TM Roh saat konferensi pers setelah acara Unpacked 2023 belum lama ini.

Samsung memang sudah menambahkan ketahanan air di beberapa generasi ponsel lipatnya seperti di Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5, dan sekarang Roh meminta penggunanya untuk bersabar dengan teknologi ketahanan debunya.

"Tolong tunggu sebentar lagi (untuk peringkat ketahanan debu itu)," jelas Roh.

Debu merupakan masalah yang cukup sulit untuk ponsel lipat, tetapi rintangan ini harus diselesaikan oleh Samsung jika benar-benar ingin produk lipatnya sebagai arus utama.

Saat ini, ponsel nonlipat Samsung biasanya hadir dengan peringkat IP68, yang disertifikasi tahan terhadap debu dan air sampai tingkat tertentu.

Namun, pada ponsel lipat raksasa Korea Selatan itu hanya diberi peringkat IPX8, yang artinya pengguna bisa merendamnya dalam air, tetapi tidak untuk segala jenis ketahanan terhadap debu.

Melansir The Verge, Senin, 31 Juli, bagian yang bergerak dari ponsel lipat menjadikannya masalah yang sulit untuk dipecahkan.

Sementara itu, pesaingnya Motorola Razr Plus lebih dahulu telah mengadopsi ketahanan debu tetapi tidak dengan ketahanan air, yang jauh lebih rendah dari Samsung. Ponsel lipat itu dilengkapi peringkat IP52, menandakan perlindungan terbatas terhadap debu.