Daftar Perangkat Samsung yang Bakal Dibekali S Pen Pro, Ada Galaxy Z Fold 3 Loh!
S Pen Pro akan disematkan pada Galaxy Z Fold 3. (foto: Taan Huyn / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sepertinya beberapa ponsel lipat Samsung mendatang akan mendukung stylus S Pen, menurut pengajuan US Federal Communication Commission untuk S Pen Pro. Tampaknya ini merupakan versi S Pen yang lebih besar dengan konektivitas Bluetooth.

Dikutip dari Pocket Lint, Selasa 13 Juli, dokumen FCC itu mengungkapkan bahwa S Pen Pro akan disematkan pada Galaxy Z Fold 3, meski Samsung belum secara resmi mengonfirmasi kehadirannya. Tidak hanya satu ponsel, ada Samsung Galaxy S21 Ultra, seri Note 20 dan masih banyak lagi yang akan dibekali pena canggih tersebut.

Kemungkinan, stylus akan dirilis tahun ini. Leaker andal Evan Blass menunjukkan bahwa Galaxy Z Fold 3 mengusung tema "Fold Edition." Blass mengasumsikan itu adalah Galaxy Z Fold 3 yang akan datang dengan stylus Fold Edition di dalam kotak. Jika iya, mungkin S Pen Pro akan dijual terpisah.

Sebenarnya, Samsung telah menggoda dukungan S Pen untuk perangkat lipatnya. Selama acara Unpacked tahun lalu, President and Head of Mobile Communications Business Samsung Electronics, TM Roh mengatakan, dia cukup senang mendengar pelanggannya menginginkan S Pen untuk bekerja dengan Fold.

Kemudian, dalam sebuah postingan blog di bulan Desember, Roh mengungkapkan Samsung berencana untuk membawa fitur paling disukai di Galaxy Note ke perangkat lain, yakni sebuah stylus. Lanjut pada Januari, Roh kembali memberikan bocoran singkat bahwa Samsung akan memperluas pengalaman S Pen di seluruh kategori perangkat tambahan di masa depan.

Biasanya, dokumen FCC segera mendahului pengumuman produk. Mengingat Blass juga membocorkan bahwa acara Unpacked Samsung berikutnya ditetapkan pada 11 Agustus 2021, kita dapat mendengar lebih banyak tentang dukungan Galaxy Z Fold 3 dan S Pen. Galaxy Z Flip 3, dua Galaxy Watches, dan Galaxy Buds baru juga diharapkan hadir di gelaran mewah tersebut.