Samsung Galaxy Fold 2, Siap Gebrak Pasar <i>Smartphone</i> di Pertengahan 2020
Samsung Galaxy Fold (Phonearena)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung sedang bersiap untuk merilis ponsel penerus layar lipat Galaxy Fold, dalam waktu dekat. Belum diketahui apakah perusahaan asal Korea Selatan ini akan menggunakan form factor yang sama dengan versi pendahulunya. 

Melansir TechRadar, Rabu 29 Januari, bocoran demi bocoran juga datang salah satunya dari cuitan Max Weinbach seorang analis gadget. Lewat akun Twitternya, ia mengungkapkan ponsel layar lipat generasi terbaru Samsung ini akan memiliki layar berukuran 8 inch saat ponsel dibentangkan.

Selain layar, Weinbach juga mendapat bocoran mengenai sektor kamera, di mana Galaxy Fold 2 akan memiliki kamera utama 108 MP, sama persis dengan Galaxy S20 Ultra. Namun, belum ada kabar tentang berapa banyak kamera yang dimiliki ponsel lipat ini, untuk generasi Galaxy Fold saat ini memiliki total enam kamera.

Mengaku mendapat bocoran dari Bloomberg, Weinbach memaparkan bahwa ponsel tersebut juga akan menggunakan prosesor Snapdragon 856. Perlindungan layarnya sendiri menggunakan lapisan kaca ultra tipis dan bukan plastik seperti pendahulunya. Hal ini sama seperti yang akan dilakukan oleh Apple, di mana iPhone 12 juga akan menggunakan kaca sebagai bahan dasar layarnya.

Seiring dengan tampilannya yang lebih lebar, Galaxy Fold 2 mungkin juga merupakan ponsel lipat pertama Samsung yang dilengkapi dengan S-Pen, dan memiliki jaringan 5G.

Weinbach juga menduga bahwa kemungkinan Galaxy Fold 2 ini akan dipamerkan pada kuartal kedua 2020, atau sekitar awal musim panas berbarengan dengan Galaxy S20 Ultra.

Menyoal harga, tentu saja Samsung tidak akan membandrol ponsel lipat generasi kedua kebanggannya ini dengan harga murah. Weinbach memperkirakan Galaxy Fold 2 akan dijual sekira USD2.000 atau setara dengan Rp28 juta.

Sepertinya, Samsung menyasar kaum milenial juga pebisnis untuk penjualan Galaxy Fold 2 ini, terlihat dari desainnya yang lebar dan memiliki kamera yang mumpuni.

Berdasarkan hasil riset IDN Research Institute dan Alvara Research Center tahun lalu, pengguna smartphone di Indonesia masih mengandalkan fitur kamera yang canggih sebagai pilihan ponsel terbaiknya. Melihat hal ini, sepertinya penjualan Samsung Galaxy Fold 2 akan diminati, meski harganya cukup terbilang tidak murah.