Xiaomi Pamer Pengisian Daya Cepat HyperCharge 200W
Adaptor Xiaomi bisa mengisi daya 100 persen dalam 8 menit (dok. GSM Arena)

Bagikan:

JAKARTA - Xiaomi memamerkan kemampuan adaptor charging terbarunya, yang bisa melakukan pengisian daya cepat hingga 200W. Alhasil mengisi pengisian daya baterai ponsel dari 0 hingga 100 persen hanya membutuhkan waktu 8 menit.

Melansir GSM Arena, kemampuan HyperCharge Xiaomi ini telah dibekali pada ponsel Mi 10 Ultra. Fitur ini rencananya juga akan disematkan pada Mi 11 Pro yang memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh.

Selain pengisian daya cepat lewat kabel, Xiaomi juga menjanjikan fitur wireless charging yang sama cepatnya. Adaptor 200W HyperCharge dapat mengisi daya secara nirkabel dengan kecepatan 120W dalam waktu 15 menit. 

"Isi daya hingga 100 persen hanya dalam 8 menit menggunakan pengisian kabel dan 15 menit secara nirkabel! #XiaomiHyperCharge," tweet @Xiaomi.

Dalam video berdurasi satu menit sebelas detik itu, Xiaomi melakukan serangkaian uji coba dengan menggunakan ponsel custom Mi 11 Pro yang dibekali baterai 4.000 mAh. Hasilnya, ponsel Xiaomi berhasil mencatatkan rekor baru dalam pengisian daya dari 0 hingga 100 persen. 

Diketahui, HyperCharger 200W hanya membutuhkan 44 detik untuk mengisi baterai dari 0 hingga 10 persen, diikuti oleh 50 persen dalam 3 menit dan terakhir pengisian 100 persen penuh hanya dalam 8 menit. Alat ukur menunjukkan watt aktual yang masuk ke Xiaomi Mi 11 Pro secara real-time. Sedangkan daya berfluktuasinya antara 15W dan 198W.

Perlu diingat uji coba ini dilakukan dengan menggunakan ponsel yang telah dikustomisasi, sehingga hasilnya tentu akan berbeda dengan ponsel di pasaran. Meski demikian, Xiaomi cukup percaya diri untuk memasarkan adaptor charger baru dengan kemampuan HyperCharge 200W tersebut.

Apalagi grup USB Implementers Forum (USB-IF) baru saja mengumumkan peningkatan baru untuk tipe kabel dan konektor USB Type-C. Dalam hal ini, kabel USB Type-C akan dapat menghantarkan arus daya hingga 240W.