Bocoran Huawei Mate 40 Pakai Teknologi <i>Liquid Camera</i>
Ilustrasi Huawei Mate 40 (dok. Pocket Mint)

Bagikan:

JAKARTA - Rumor dan bocoran gawai terbaru dari Huawei Mate 40 dan 40 Pro telah beredar di Internet. Namun hingga kini pabrikan asal China itu masih tutup mulut tentang spesifikasi dari smartphone flagship buatannya itu.

Bocoran informasi seperti desain paten, hingga teknologi kamera yang akan digunakan dari penerus Mate 30 ini pun ramai diperbincangkan para tech enthusiast. Apalagi ponsel ini akan menjadi seri teranyar Huawei setelah menerima tekanan dari Amerika Serikat (AS). 

Menurut bocoran terbaru yang dibagikan akun media sosial Weibo, Huawei Mate 40 akan menggunakan teknologi kamera cair atau liquid camera. Desain paten dari rancangan modul liquid camera ini telah disetujui China National Intellectual Property Administration (CNIPA) pada April lalu. 

Modul Liquid Camera Huawei Mate 40 (Twitter @RODENT950)

Berdasarkan dokumen patennya, modul kamera Huawei ini memungkinkan lensa cair untuk mendapatkan titik autofokus dengan lebih cepat dan stabil. Bahkan tak memerlukan tambahan sensor maupun piranti Image Stabilization (EIS atau OIS), sebagaimana dirangkum dari Gizchina, Rabu, 19 Agustus.

Sementara bocoran spesifikasi yang dibagikan akun Twitter @RODENT905, menyebutkan Huawei Mate 40 akan hadir dengan sensor kamera utama beresolusi 50MP, 20MP ultra-wide-angle dan 8MP lensa telephoto. Ponsel ini akan memiliki ukuran 6,67 inci dengan panel layar buatan LG yang mendukung refresh rate 90Hz.

Ponsel ini juga akan menjadi flagship terakhir Huawei yang akan menggunakan chipset Kirin 9.000. Lantaran tekanan dagang pemerintah AS membuat HiSilicon, kesulitan membuat komponen vital untuk smartphone ini. 

Untuk perangkat lunaknya, Huawei Mate 40 akan diinstal menggunakan EMUI 11 berbasis Android 11 dengan layanan Huawei Mobile Services (HMS). Ponsel ini akan memiliki baterai dengan kapasitas 4.300 mAh hingga 5.000 mAh untuk varian tertingginya. 

Diyakini, Huawei akan mengumumkan seri Mate 40 ini pada September 2020. Adapun Huawei Mate 40 akan ditaksir dengan harga 870 dolar AS atau setara Rp12 jutaan.