Cara Mempercepat <i>Browser</i> Chrome di Android, Anti Lemot dan Cepet Panas!
Aplikasi Google Chrome di Smartphone Anda Lemot, Lakukan Ini Supaya Lebih Cepat (Theverge)

Bagikan:

YOGYAKARTA-Dalam mengakses internet untuk kebutuhan sehari-hari, kita tidak bisa melepaskan peran mesin peramban atau browser. Oleh karena itu, hampir setiap ponsel pintar saat ini sudah dilengkapi dengan browser.

Salah satu browser yang paling banyak digunakan saat ini adalah Chrome. Mesin pencarian besutan Google ini tercatat di urutan pertama dengan pengguna terbanyak sejumlah 64,06% oleh masyarakat dunia, berdasar data situs StatCounter.com pada November 2021.

Kendati banyak digunakan, browser Chrome di Android sering mengalami perlambatan akibat penggunaan sehari-hari.

Masalah yang kadang dialami pengguna Chrome ialah terlalu lama loading saat berselancar di internet. Biasanya, tuduhan pertama akan dilemparkan pada sinyal internet lemah. Namun, tak menutup kemungkinan masalah itu muncul dari hal lain.

Cara Mempercepat Chrome di Android

Berikut tim VOI telah merangkum beberapa tips untuk mempercepat kinerja Chrome di android.

1. Menutup tab yang tidak diperlukan

Terlalu banyak tab yang dibuka dapat menyebabkan loading lama. Maka dari itu, tutuplah tab yang tidak diperlukan agar Chrome bekerja lebih ringan. Caranya dengan menekan tombol silang (X) yang terletak di pojok setiap tab.

2. Membersihkan cache

Cache berisi data penjelajahan yang telah disimpan guna memungkinkan permintaan data yang sama di masa mendatang agar dapat diakses lebih cepat.

Akan tetapi, apabila data yang disimpan di memori eksternal telah banyak, maka akan menyebabkan kinerja Chrome melambat.

Untuk itu, bersihkan cache secara rutin agar Chrome dapat bekerja secara maksimal. Caranya dengan klik tiga titik di pojok kanan atas pada Chrome, klik histori, kemudian hapus.

Selain chace, langkah tersebut juga menawarkan pilihan untuk menghapus cookie.

3. Update Chrome

Selalu pastikan Chrome rutin terupdate ke versi terbaru agar aktivitas browsing senantiasa lancar. Untuk melakukannya, buka Google Play Store, ketik dengan kata kunci Chrome, dan klik update.

4. Menggunakan Chrome Flags

Chrome Flags ialah sebuah setelan tersembunyi, tetapi selangkah lebih 'maju' ketimbang dengan kita menyetel biasa. Caranya dengan:

- Buka aplikasi Chrome

- Ketikan alamat chrome://flags/

Terdapat puluhan pengaturan yang tertera. Namun beberapa saja yang perlu disetel cukup membuat perubahan pada aplikasi Chrome kita.

- Pilih Enable pada pengaturan Chrome Duet (UI), Tab Grid Layout, Share QRCodes, Google Lens, Explore Website, An Ephemeral Preview Tab, dan Parallel Downloading.

5. Menggunakan Chrome Beta

Browser versi ini diklaim lebih aman dan cepat dari versi biasa. Untuk menjajalnya, buka Google Play Store, ketikkan kata Chrome Beta, download dan tunggu hingga selesai.

Untuk pengaturan yang dianjurkan, buka Options, kemudian Setting, lalu Privacy, dan Prefetch Page Resource, terakhir pilih Always.

Demikian cara mempercepat kinerja Chrome di Android. Dengan begitu, aktivitas selancar di internet tidak akan bikin kita emosi karena loading lama.