Bagikan:

JAKARTA – Pada Agustus tahun lalu, YouTube Music meluncurkan fitur live lyrics untuk melihat lirik yang berjalan selama lagu diputar. Fitur ini tidak pernah ada masalah sebelumnya, tetapi kini fiturnya menghilang.

Dilansir dari 9to5google, fitur ini ditemukan menghilang dari banyak lagu selama beberapa waktu terakhir. YouTube Music masih menampilkan lirik lagu seperti biasanya, tetapi tidak ada lirik yang berjalan. Pengguna hanya akan melihat lirik statis yang tidak sinkron.

Ketika lirik tidak berjalan dan tidak ada sorotan baris demi baris, pengguna akan menemukan teks lirik dengan ukuran font yang lebih kecil. Warna di bagian latar belakangnya juga solid atau padat dalam satu warna, bukan sampul yang kabur seperti biasanya.

Sebenarnya, User Interface (UI) ini sudah ada sejak tahun 2020 atau sejak YouTube Music memperkenalkan lirik lagu untuk pertama kalinya. Meski YouTube Music meluncurkan live lyrics pada pertengahan tahun lalu, UI ini masih bisa ditemukan di beberapa lagu.

Namun, jumlah UI ini cenderung kecil dan lebih didominasi oleh live lyrics, tidak seperti yang terlihat saat ini. Dari 25 lagu teratas di AS, 13 lagu di antaranya memiliki lirik statis. Masalah ini terlihat di lagu lama maupun lagu baru dengan dukungan MusixMatch dan LyricFind.

Masalah ini tidak hanya terjadi di aplikasi seluler YouTube Music untuk perangkat Android, tetapi juga di iOS. Sepertinya, masalah ini terjadi dari sisi server sehingga YouTube Music dapat menampilkan live lyrics kembali di beberapa lagu yang sebelumnya hilang.

Pengguna YouTube Music di situs web tidak akan melihat masalah ini karena platform tersebut belum menghadirkan fitur live lyrics di versi web. Hingga saat ini, YouTube belum memberikan pernyataan mengenai live lyrics yang banyak menghilang dari lagu di platformnya.