Bagikan:

JAKARTA - Rubik's Cube biasanya bisa menghibur banyak orang selama berjam-jam. Namun, teka-teki ini menjadi pekerjaan ringan bagi sebuah robot, yang secara resmi memecahkan Rekor Dunia Guinness untuk robot tercepat dalam menyelesaikan kubus putar.

Robot tersebut mampu menyelesaikan puzzle dalam waktu hanya 0,305 detik - sehingga jika Anda berkedip, Anda pasti akan melewatkannya! Itu sekitar 10 kali lebih cepat daripada manusia tercepat yang mampu menyelesaikan puzzle ini dalam waktu mengesankan 3,13 detik.

Rekor "robot tercepat untuk menyelesaikan kubus putar" telah populer selama bertahun-tahun. Pada tahun 2009, rekornya adalah satu menit dan empat detik, tetapi secara bertahap menjadi lebih pendek selama bertahun-tahun. Pada tahun 2016, rekor akhirnya menembus batas satu detik.

Sekarang, tim insinyur di Mitsubishi Electric Corporation telah menaikkan standar, setelah menetapkan rekor baru yang mengesankan.

"Saya memeriksa video pemegang rekor sebelumnya, dan saya merasa bahwa motor yang kami miliki lebih baik daripada mereka," kata Tokui, yang memimpin percobaan rekor. "Jadi saya yakin bahwa kami bisa mengalahkan mereka dengan kecepatan."

Robot ini dilengkapi dengan serangkaian motor yang bekerja secara bersamaan untuk menggerakkan kubus dengan kecepatan luar biasa. Namun, selama proses pengujian, tim menghadapi masalah tak terduga - kubus kesulitan mengikuti kecepatan robot.

Selama percobaan rekor resmi pertama, puzzle tersebut macet. Beruntung, dengan beberapa penyesuaian, tim berhasil mengatasi masalah tersebut dan sukses pada percobaan kedua.

"Saya tahu bahwa produk kami dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik," kata Tokui. "Saya berharap rekor ini akan memungkinkan orang di seluruh dunia mengetahui apa yang dapat dilakukan oleh produk kami."