Rekor Indonesia di Asian Games 2023: Beberapa Bahkan Pecahkan Rekor Dunia, Wow!
Erwin Rahmat Abdullah tak hanya meraih medali emas, namun memecahkan rekor dunia. (Foto NOC Indonesia)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Beberapa rekor dipecahkan atlet-atlet Indonesia pada pagelaran Asian Permainan 2023 di Hangzhou, China. Lantas, adakah rekor Indonesia di Asian Games 2023?

Atlet- atlet Indonesia tidak saja menorehkan medali emas, tetapi juga membuat rekor baru. Rekor-rekor baru itu tidak saja buat tingkat Asian Games, melainkan dunia.

Rekor Indonesia di Asian Games 2023

Atlet panjat tebing putri Desak Made Rita Kusuma Dewi jadi salah satu yang mencatatkan rekor baru di Asian Games.

Rekor baru itu dibikin Desak Made Rita pada babak kualifikasi speed putri dengan catatan waktu 6, 60 detik,  3 Oktober. Catatan itu membongkar rekor speed putri sebelumnya yang dibikin atlet Indonesia Aries Susanti Rahayu di Asian Games 2018.

Atlet panjat tebing putra Veddriq Leonardo jadi atlet Indonesia kedua yang mencetak rekor pada multieven paling tinggi di Asia tahun ini.

Pada kualifikasi speed putra, Veddriq mencatatkan waktu 4, 97 detik yang mematahkan rekor peraih medali emas Asian Games 2018 Reza Alipour dengan 5,63 detik.

Di babak 16 besar Desak Made Rita kembali membuat rekor baru melalui catatan waktu 6,52 detik. Angka itu membongkar rekor pribadinya di Asian Games pada babak kualifikasi.

Desak Made, atlet asal Bali itu betul-betul tampak impresif di speed putri. Peraih tiket Olimpiade 2024 di Paris, Prancis tersebut, kembali membongkar rekor pada final speed putri Asian Games.

Desak Made Rita menggapai medali emas Asian Games speed putri usai kalahkan wakil tuan rumah Deng Lijuan dengan catatan waktu 6,36 detik.

Torehan 6, 36 detik itu tidak saja memecahkan rekor individu di Asian Games, tetapi pula melewati rekor Asia kepunyaan Deng Lijuan dengan 6,47 detik.

Sehabis Desak Made Rita 3 kali pecahkan rekor di Asian Games, giliran Veddriq Leonardo mematahkan rekor pribadi dengan catatan waktu 4,95 detik dikala perebutan medali perunggu.

Lifter Erwin Rahmat Abdullah jadi atlet terakhir Indonesia yang membongkar rekor di Asian Games hingga dengan Rabu( 4/ 10) pagi.

Erwin Rahmat terhitung memecahkan 2 rekor pada kelas 75kg putra. Angkatan clean and jerk Erwin sebesar 201kg jadi rekor baru di Asian Games serta dunia. Erwin memecahkan rekor pribadinya yang dicetak di Kejuaraan Dunia.

Sedangkan itu, dengan total angkatan 359kg, Erwin Rahmat memecahkan rekor Asian Games miliknya sendiri yang lebih dahulu berjumlah 354kg.

Jadi setelah mengetahui rekor Indonesia di Asian Games 2023, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!