Bagikan:

JAKARTA - Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, berhasil mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di Asian Games 2023. Dia menjadi yang terbaik di cabang olahraga angkat besi kelas 73 kilogram (kg), Selasa, 3 Oktober.

Rahmat mencatatkan total angkatan 359kg, dengan rincian 158kg saat snatch dan 201kg ketika clean and jerk. Selain mempersembahkan medali emas, Rahmat juga sukses memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri.

Sebelumnya, rekor dunia dibuat lifter muda Indonesia tersebut pada ajang Kejuaraan Dunia 2022. Saat itu, total angkatannya adalah 352kg.

Rahmat melakukan angkatan 152kg saat snatch dan 200kg pada clean and jerk, pada ajang yang berlangsung akhir tahun lalu tersebut.

Selain rekor secara total, Rahmat juga memecahkan rekor Asian Games angkatan clean and jerk. Namun, untuk snatch, rekor Asian Games dipegang atlet China, Wei Yinting, dengan 161kg.

Ketua Bidang Prestasi Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI), Hadi Wihardja mengatakan, pihaknya memang mengharapkan pencapaian ini.

Namun, diakuinya, masih ada yang harus diperbaiki oleh Rahmat. Itu terkait angkatan snatch yang disebut Hadi masih jadi andalan atlet-atlet China.

"Memang kami harapkan ia (Rahmat) dapat memperbaiki angkatan clean and jerk- nya selaku pemegang rekor dunia. Namun, sekedar catatan, ia juga harus mumpuni di jenis angkatan snatch, karena China sangat baik di snatch," kata Hadi Wihardja, dilansir Antara.