Catat Rekor dan Sabet 3 Emas di Peparnas XVI, Nina Gusmita Siap Terima Tantangan Menpora Tampil di Paralimpiade
Atlet para-atletik, Nina Gusmita dari Sumatera Utara memecahkan rekor nasional (Dok. Kemenpora)

Bagikan:

​​​​​​JAKARTA - Atlet para-atletik, Nina Gusmita dari Sumatera Utara memecahkan rekor nasional nomor 100 meter T54 putri atau balap kursi roda pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI. Nina mencatatkan waktu tercepat 18,52 detik, Selasa.

Catatan waktu itu melampaui rekor yang sebelumnya dicetak Dina Rulina pada Peparnas 2016 di Jawa Barat dengan waktu 21,92 detik.

Dengan capaian itu, Nina bisa membawa pulang medali emas, sementara medali perak diraih Novia Mawarni Ayu dari Papua dengan waktu 20,59 detik.

Nina sendiri dalam ajang ini berhasil meraih tiga emas yakni di nomor 100 meter, 200 meter dan 400 meter. Dan ketiga nomor ini semuanya dia catatkan rekor nasional. Kini siap menerima tantangan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali untuk tampil di Paralimpiade Paris 2024.

"Siap sih, pengen banget tampil di Paralimpiade, karena teman-teman sudah banyak yang ke sana. Jadi rasa dari sendiri kepengen juga," kata Nina Gusmita melansir laman resmi Kemenpora, Jumat.

Terkait hasil pertandingan yang dicapainya pada Selasa, dengan raihan medali emas dan pemecahan rekor, Nina mengatakan hal tersebut merupakan buah kerja kerasnya dengan terus berlatih. Bahkan, sejak awal dirinya sudah menargetkan 3 emas dalam ajang ini.

"Kalau persiapan, setiap hari latihan, punya mimpi, punya niat awal, karena ini event Peparnas pertama aku jadi harus dapat emas, harus pecahkan rekor juga," ujarnya.