Tinjau Persiapan Peparnas XVI 2021, Menpora Pastikan Setara dengan PON XX
Menpora Zainudin Amali. (Dok. Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali tiba di Jayapura, Papua pada Kamis, 4 November pagi. Kehadiran Menpora di Bumi Cendrawasih untuk meninjau persiapan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI 2021.

Bukan cuma memastikan persiapan Peparnas XVI 2021, Menpora yang tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura juga memastikan gelaran Peparnas ini bakal setara dengan PON XX. Ia menyebut, semua aspek pendukung akan sejajar dan yang membedakan hanyalah jumlah cabang olahraga.

"Tak ada bedanya antara PON dan Peparnas, semua kita fasilitasi yang sama. yang membedakan hanyalah dari jumlah cabor yang dipertandingkan," kata Zainudin Amali dalam keterangan tertulis yang diterima VOI.

Peparnas XVI 2021 diagendakan berlangsung mulai tanggal 2-15 November dan berpusat di Kota dan Kabupaten Jayapura. Untuk upacara pembukaan sendiri akan digelar pada 5 November nanti di Stadion Mandala Jayapura dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat mengingat masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Dalam kesempatan yang sama, Menpora juga mengungkap soal kesiapan penyelenggaraan Peparnas XVI 2021 yang sudah hampir selesai secara penuh.

"Apa yang disampaikan oleh PB Peparnas kemarin itu persiapan sudah 98 persen. Tinggal dua persennya hanya tinggal mengoordinasikan hal-hal yang terkait dengan apa yang masih harus dilengkapi khususnya untuk acara opening dan closing," bebernya.

Peparnas XVI 2021 yang merupakan ajang olahraga nasional utama penyandang disabilitas ini akan mempertandingkan 12 cabang olahraga. Ada sekitar 1.985 atlet dari perwakilan 33 provinsi yang akan bertanding dan bersaing untuk meraih prestasi.