Jajal Fitur Baru Twitter yang Bisa Kirim Pesan Suara di DM, Mirip WhatsApp Nih!
Tangkapan Layar / Citra

Bagikan:

JAKARTA - Twitter mulai meluncurkan fitur pesan suara untuk aplikasi selulernya, iOS dan Android. Pengguna dapat menjajal fitur ini langsung di Direct Messages (DM).

Pertama kali fitur itu diumumkan oleh Andrea Conway, yang memimpin desain di Twitter untuk produk inti. Dia men-tweet belum lama ini bahwa fitur tersebut sekarang tersedia secara global.

Fitur pesan suara merupakan alat yang bisa digunakan pengguna untuk mengobrol secara pribadi dengan orang yang mungkin mereka ikuti atau tidak.

Dan tentu saja, lebih menghemat waktu ketimbang harus mengetikan pesan teks untuk topik yang lebih panjang. Twitter, tentu saja bukan pelopor fitur tersebut, lebih dahulu WhatsApp dan Telegram telah meluncurkannya.

Tetapi yang terpenting, fitur pesan suara dapat diakses secara gratis, pengguna tidak perlu berlangganan Twitter Blue yang cukup menguras kantong.

Saat ini, Twitter milik miliarder Elon Musk itu menetapkan durasi fitur pesan suara hingga 140 detik, yang jauh lebih singkat daripada durasi yang tidak ditentukan di WhatsApp.

Jadi, jika pengguna ingin berbagi topik yang panjang, mereka harus mengirimkan pesan suara berkali-kali. Meski Twitter belum mengumumkan secara resmi, tim VOI sudah bisa menjajal fitur tersebut. Berikut ulasannya di bawah ini.

Pertama, buka DM Twitter dengan menekan ikon email di bagian bawah halaman beranda. Pilih akun yang akan dikirimi pesan suara, lalu klik ikon audio di ujung kanan kotak komposisi teks.

Saat tim VOI mencobanya, memang seperti saat mengirim Voice Note (VN) di WhatsApp. Ketika tim mulai bersuara, akan muncul tab yang berubah warna bertuliskan Recording, menandakan fitur sedang merekam suara.

Perlu dicatat, pengguna harus menekan ikon audio untuk merekam suara. Ketika sudah selesai, tim VOI kemudian mengirim pesan suara tersebut dengan menarik ikon audio ke ikon DM di atasnya.

Pesan suara akan muncul di utas obrolan di samping foto profil. Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan reaksi ke catatan suara dan membalasnya.

Catatan suara yang telah dikirim juga dapat dihapus dengan menekannya, namun catatan tersebut masih bisa diakses oleh penerima.

Terakhir, pengguna juga dapat membatalkan serta mendengarkan ulang pesan suara sebelum dikirim ke penerima, dengan menggeser ikon audio ke kiri.