Pengguna WhatsApp Sekarang Bisa Tinjau Pesan Suara Sebelum Mengirimnya, Ini Caranya!
WhatsApp baru saja merilis fitur pratinjau untuk pesan suara. (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan pesan instan WhatsApp baru saja merilis fitur pratinjau untuk pesan suara, yang memungkinkan pengguna memeriksa terlebih dahulu bagaimana kualitas audio mereka sebelum dikirim ke pengguna lain.

Meta perusahaan induk WhatsApp menyatakan telah meluncurkan fitur tersebut kepada pengguna iOS, Android, web dan desktop secara perlahan dalam beberapa minggu terakhir.

Mengutip halaman bantuan untuk fitur tersebut, opsi untuk melihat pratinjau pesan suara muncul setelah pengguna menekan tombol berhenti untuk menyelesaikan rekaman. Pengguna kemudian dapat mempratinjaunya dengan ikon putar segitiga, menghapusnya dengan ikon tempat sampah, atau mengirimkannya dengan tombol kirim.

Melansir The Verge, Rabu, 15 Desember, fitur pratinjau audio adalah salah satu bagian dari serangkaian pembaruan baru yang telah dilaporkan dalam pengembangan seputar fitur pesan suara WhatsApp.

Awal tahun ini, layanan tersebut juga telah menambahkan kemampuan untuk mempercepat pemutaran fitur suara, ini sangat berguna jika pengguna mendapatkan pesan suara yang berdurasi panjang, dan WABetaInfo melaporkan bahwa fitur suara dapat dijeda dan melanjutkan perekaman suara.

Namun kini, WhatsApp juga diduga sedang mempersiapkan fitur yang lebih menarik. Pada bulan September, WhatsApp mengonfirmasi bahwa mereka sedang melakukan pengembangan fitur transkripsi suara baru, yang memungkinkan pengguna membaca transkripsi pesan suara daripada mendengarkannya.

Kemudian pada Oktober, WABetaInfo melaporkan mereka juga menemukan tanda-tanda fitur pemutar pesan suara global yang mana pengguna bisa mendengarkan pesan suara saat menjelajahi obrolan WhatsApp lainnya tanpa terhenti.

Belum diketahui pasti kapan WhatsApp akan meluncurkan serangkaian kemampuan anyar untik fitur pesan suara tersebut.