YouTube Memperlambat Akses Situs Web Bagi Pengguna Pemblokir Iklan
YouTube halangi akses pengguna pemblokir iklan (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 

JAKARTA – YouTube menggunakan cara baru untuk menghalangi para pengguna pemblokir iklan. Setelah menangguhkan akun, kini YouTube memperlambat proses loading di situs web mereka.

Pengguna yang masih menggunakan pemblokir iklan mungkin berpikir bahwa situs web YouTube lambat karena jaringan mereka yang buruk. Padahal, YouTube sengaja melakukan hal tersebut agar para pengguna berhenti memblokir iklan demi menggunakan akun gratis.

Dari laporan 9to5google, beberapa pengguna di Reddit mengatakan bahwa mereka mengalami hal tersebut. Menurut mereka, situs web menjadi lambat karena pemblokir iklan, terlebih lagi mereka mendapatkan pemberitahuan yang bertuliskan, “Penayangan kurang optimal.”

Secara sistematis, YouTube akan mendeteksi alat pemblokir yang digunakan pengguna. Setelah terdeteksi, sistem akan mengganggu user experience secara otomatis. Satu-satunya cara untuk memperlancar loading page YouTube adalah dengan mematikan pemblokir iklan.

Ini bukan pertama kalinya YouTube menghalangi pengguna pemblokir iklan. Beberapa waktu lalu, YouTube mendesak para penggunanya untuk berhenti menggunakan pemblokir iklan dengan menghalangi akses ke situs web mereka.

Akun para pengguna akan diblokir dan YouTube akan memberikan pesan bahwa, “Pemblokir iklan melanggar Persyaratan Layanan YouTube.” Pesan ini akan muncul dalam bentuk pop-up dan YouTube akan memberikan opsi Izinkan Iklan YouTube.

Saat opsi tersebut diklik, pengguna akan diarahkan untuk menghentikan pemblokir iklan. Jika akun masih ditangguhkan, pengguna harus berlangganan YouTube Premium untuk mengaktifkan kembali akun mereka.