Akses YouTube di Browser Bakal Delay Bagi Pengguna Pemblokir Iklan
Pengguna YouTube keluhkan masalah delay saat membuka lewat browser (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 

JAKARTA – Sejumlah pengguna di Reddit, dalam laporan The Verge, mengeluhkan masalah delay dalam mengakses YouTubeDelay ini dikatakan mencapai lima detik di hampir seluruh browser.

Masalah ini awalnya dikeluhkan oleh pengguna Firefox, kemudian disusul oleh pengguna Chrome dan Edge. Namun, tampaknya masalah delay ini tidak berkaitan dengan akses melalui browser.

YouTube telah mengonfirmasi masalah ini. Perusahaan itu mengatakan bahwa layanan mereka memang delay, tetapi tidak ada kaitannya dengan browser. Lambatnya load time ini terjadi karena perusahaan sedang berusaha menyingkirkan pemblokir iklan.

“Dalam seminggu terakhir, pengguna yang menggunakan pemblokir iklan mungkin mengalami penayangan kurang optimal, termasuk penundaan dalam delay, apa pun browser yang mereka gunakan,” kata Manajer Komunikasi YouTube, Christopher Lawton.

Lawton menjelaskan bahwa masalah delay ini bisa teratasi bila pengguna berhenti menggunakan pemblokir iklan. Namun, ada kemungkinan para pengguna tetap mengalami delay saat load time meski hanya sementara.

YouTube telah lama menindak para pemblokir iklan sejak lama, tetapi puncaknya ada pada awal bulan ini. Para pengguna yang memakai pemblokir iklan akan ditangguhkan akunnya secara otomatis oleh YouTube.

Ketika akunnya ditangguhkan, akses untuk mengakses YouTube akan terbatas. Pengguna tidak bisa menonton video hingga akun berhenti ditangguhkan. Satu-satunya cara untuk mengaktifkan kembali akun adalah dengan menghapus pemblokir iklan atau beralih ke layanan Premium.