Bagikan:

JAKARTA – Berbagai pembaruan yang Google luncurkan di aplikasi Find My Device menunjukkan hasil yang positif. Belum lama ini, aplikasi untuk mencari perangkat hilang itu telah mencapai 500 juta unduhan.

Jumlah unduhan ini bisa dilihat di halaman aplikasi tersebut melalui Google Play Store. Sementara itu, ulasan dari aplikasinya telah mencapai 1,33 juta komentar dengan rating yang sama seperti aplikasi YouTube dan Google Earth.

Find My Device sudah dirilis sejak Desember 2013 atau hampir 11 tahun yang lalu. Desain aplikasi ini tidak mengalami banyak perubahan selama bertahun-tahun hingga akhirnya Google merilis desain ulang pada awal tahun lalu.

Aplikasi ini masih menggunakan palet berwarna hijau dan putih, tetapi kini pengguna bisa beralih ke mode gelap. Google juga mengubah tampilan situs web Find My Device, tetapi tidak ada pilihan untuk menggunakan mode gelap.

Saat membuka aplikasi atau situs webnya, pengguna akan melihat daftar perangkat yang terhubung dengan akun Google Anda. Saat salah satu perangkat diklik, Anda bisa melihat lokasi dan status dari perangkatnya seperti kapasitas baterai atau jaringan.

Beberapa perangkat yang bisa dicari menggunakan Find My Device adalah ponsel Android, tablet Android, jam tangan Wear OS, headphone Fast Pair, dan lainnya. Pengguna juga bisa mencari perangkat secara cepat dengan mengeklik menu Putar Suara.

Fitur ini sangat berguna jika Anda kehilangan barang di area rumah. Jika perangkat yang Anda cari hilang dalam jarak yang jauh, Anda bisa mengeklik menu Amankan Perangkat. Fitur ini akan langsung mengunci perangkat sehingga orang lain tidak bisa memakainya.