Bagikan:

JAKARTA – Samsung resmi meluncurkan Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 di acara Galaxy Unpacked pada Rabu, 10 Juli pukul 20.00 WIB. Sama seperti Galaxy Unpacked pada Januari lalu, Samsung fokus pada Galaxy AI.

Berbeda dari peluncuran pertama, Galaxy AI di ponsel lipat terbaru ini membawa banyak peningkatan. Ada beberapa fitur yang dibawa oleh inovasi berbasis Artificial Intelligence (AI) ini, di antaranya Note Assist, Composer, dan Sketch to Image.

Note Assist, dukungan di aplikasi Notes, membantu pengguna dalam menerjemahkan, meringkas, dan merapikan catatan rapat dengan format otomatis. Selain itu, fitur ini mulai menawarkan transkripsi, terjemahan, dan ringkasan suara di Notes.

Berikutnya, Samsung memperkenalkan Composer, kemampuan yang ditambahkan ke dalam keyboard untuk menghasilkan teks rekomendasi. Fitur ini dapat menyesuaikan platform yang sedang dibuka, seperti email atau media sosial tertentu.

Khusus untuk media sosial, Composer akan menyarankan teks yang disesuaikan dengan gaya bahasa penggunanya. Fitur ini akan menganalisis postingan sebelumnya di akun pengguna sehingga teks yang dibuat bisa mencerminkan penggunanya.

Fitur Galaxy AI lainnya yang Samsung tambahkan ke Z Fold 6 dan Z Flip 6 adalah Sketch to Image. Kemampuan baru ini dapat membuat karya seni dari sketsa yang dibuat di Notes. Pengguna juga bisa menggunakan foto yang ada di dalam Galeri.

Samsung juga menambahkan fitur ProVisual Engine untuk mengambil gambar dan mengedit gambarnya, Portrait Studio untuk menciptakan potret 3D seperti kartun atau watercolor, serta Instant Slow-Mo untuk memperlambat video secara instan.

Selain menambahkan beberapa fitur baru, Samsung juga memperbarui fitur yang sudah ada sejak pertama kali diluncurkan. Interpreter akan menampilkan terjemahan di layar utama dan layar sampul untuk membuat interaksi lebih alami.

Live Translate, yang sebelumnya hanya tersedia di aplikasi bawaan Samsung, kini bisa digunakan di aplikasi pihak ketiga. Pengguna Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 bisa memanfaatkan fitur terjemahan secara real-time ini di aplikasi seperti WhatsApp.