Bagikan:

JAKARTA – Setelah diluncurkan secara global di acara Galaxy Unpacked pada 10 Juli, dua ponsel lipat Samsung akhirnya rilis secara resmi di Indonesia. Dua ponsel tersebut adalah Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6.

Di peluncuran kali ini, Samsung masih fokus pada peningkatan Galaxy AI. Menurut Lo Khing Seng, Head of Mobile Experience Business Samsung Electronics Indonesia, Galaxy AI membuat Z Fold 6 dan Z Flip 6 menjadi lebih unggul dibandingkan ponsel lipat lainnya.

Selain meningkatkan fiturnya, Samsung juga mengubah desain dari dua perangkat terbarunya. Tidak banyak perubahan desain yang terlihat, tetapi Samsung berhasil membuat salah satu perangkatnya menjadi lebih tipis dan lebih ringan dari generasi sebelumnya.

"Seperti Galaxy Fold 6 ini, desainnya semakin compact, paling ringan, dan paling tipis dari Galaxy Z yang pernah ada. Terasa lebih kokoh dan nyaman digenggam," kata Lo Khing Seng di acara launching Galaxy Z Fold dan Flip pada Rabu, 24 Juli.

Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3 yang dirancang khusus untuk mengoptimalkan pemrosesan Kecerdasan Buatan (AI) dan meningkatkan grafisnya. Chipset ini juga mendukung penggunaan AI on-device.

"Chipset Snapdragon 8 Gen 3 Mobile Platform for Galaxy membuatnya lebih powerful, sesuai dengan gaya hidup produktivitas yang tinggi dan kreativitas tanpa batas," ujar Lo Khing Seng. "Fitur eksklusif di Galaxy bisa membuat konten semakin mudah."

Sementara itu, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus mengatakan bahwa perangkat foldable ini memiliki 14 fitur baru yang baru ditambahkan ke perangkat Galaxy.

Fitur ini terbaru menjadi dua, ada on-device dan on-cloud. Fitur on-device yang tidak memerlukan konektivitas di antaranya ada Live Transcript, PDF Viewer, Listening Mode, Suggest Reply, Live Effect, Auto Zoom, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, ada beberapa fitur yang tersedia on-cloud, termasuk Composer dan Sketch to Image. Selain meluncurkan Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6, Samsung juga meluncurkan perangkat wearable, yaitu Galaxy Watch 7 dan Galaxy Buds 3 Pro.

Ada beberapa perangkat yang bisa bersaing dengan dua perangkat foldable ini. Berikut ini beberapa perangkat yang bisa Anda bandingkan dengan Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6.

  • Pixel 9 Pro Fold: Perangkat yang akan diluncurkan pada Agustus mendatang akan menggunakan chipset Tensor G4 berfabrikasi 4nm. Perangkat ini akan diluncurkan dengan Android 15 dan kombinasi memori hingga 1TB.

  • Xiaomi Mix Fold 4: Xiaomi baru meluncurkan perangkat lipat terbaru dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3. Perangkat ini memiliki beberapa peningkatan, termasuk kamera yang didesain khusus dengan lensa Leica.