Lupa Taruh Ponsel? Google Find My Device Bisa Temukan Ponsel Android Anda
Cara menemukan ponsel Android Anda dengan Google Find My Device (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Telepon telah menjadi bagian dari kehidupan  sehari-hari sehingga  langsung menimbulkan trauma jika Anda tiba-tiba tidak kehilangan benda ini. Entah Anda meninggalkannya di dalam taksi atau tidak sengaja menjatuhkannya di suatu tempat.

Jika Anda memiliki ponsel Android, Anda dapat menggunakan fitur Find My Device untuk menemukan ponsel Anda. Find My Device bergantung pada dua hal yang diaktifkan yaitu fitur Find My Device itu sendiri  dan layanan Lokasi Google.

Selain itu, ponsel juga harus dihidupkan dan masuk ke akun Google. Fitur Find My Device hadir sebagai bagian dari OS standar pada Pixel dan beberapa ponsel Android lainnya dan biasanya diaktifkan secara default.

Jika hal di atas terjadi kepada Anda, berikut beberapa cara yang kami rangkum dari The Verge yang bisa membantu Anda menemukan ponsel Anda.

Jika Anda ingin menggunakan Find My Device dari Google, Anda dapat memeriksa untuk melihat apakah itu bagian dari versi Android ponsel Anda.

  • Buka Pengaturan > Keamanan dan cari Temukan Perangkat Saya.
  • Jika aplikasi terdaftar tetapi dimatikan, ketuk dan gunakan saklar untuk menyalakannya.

Jika Anda tidak memiliki Google app tetapi ingin menggunakannya sebagai ganti aplikasi yang telah dipasang oleh pabrikan Anda atau jika Anda ingin menggunakan tablet Android daripada komputer untuk menemukan ponsel atau jam tangan, maka Anda dapat membuka Play Store dan instal aplikasi Find My Device Google juga.

Selanjutnya, Anda dapat memeriksa untuk melihat apakah Lokasi diaktifkan:

  • Buka pengaturan ponsel Anda dan temukan Lokasi. Itu akan mengatakan tepat di bawah tajuk apakah itu hidup atau mati.
  • Jika tidak aktif, ketuk Lokasi dan aktifkan.
  • Anda juga dapat memeriksa aplikasi mana yang memiliki akses ke lokasi Anda dan aplikasi mana yang baru saja digunakan.
  • Jika Anda ingin mengambil kesempatan ini untuk menyempurnakan pengaturan ini, ketuk Izin lokasi aplikasi untuk mengubah pengaturan izin lokasi.

Temukan ponsel Anda

Sekarang Anda siap. Jika Anda tidak dapat menemukan ponsel Anda, cukup buka halaman pencarian Google dan ketik "Find My Device" Anda akan mendapatkan daftar perangkat yang telah Anda daftarkan ke Google, pilih yang ingin Anda temukan. Pilih salah satu.

Anda akan dibawa ke halaman Find My Device, yang akan memberi nama ponsel Anda, terakhir kali dilihat dan daya baterai saat ini. Peta Google akan menunjukkan lokasi terakhir ponsel Anda.

Setelah Anda menemukan perangkat Anda, ada tiga opsi yang tercantum di sisi kiri layar. Anda pilih tergantung pada apakah Anda merasa perangkat berada di tempat yang aman atau tidak. Anda bisa:

  • Minta perangkat memutar suara selama lima menit agar Anda dapat menemukannya.
  • Kunci perangkat dan keluar dari akun Google Anda, sehingga data Anda akan aman saat Anda mengambilnya.
  • Hapus perangkat. Ini untuk saat-saat ketika Anda cukup yakin bahwa itu telah dicuri dan tidak dapat diambil kembali. Anda tidak akan dapat menemukan perangkat Anda setelah itu, tetapi konten Anda tidak akan ada lagi di dalamnya.

Sementara itu, telepon akan menampilkan pemberitahuan bahwa itu telah ditemukan.