Cara Blokir Ponsel yang Hilang Supaya Data Tidak Disalahgunakan
Cara Blokir Smartphone yang Hilang Supaya Data Tidak Disalah Gunakan (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kehilangan  ponsel pintar, dapat dialami oleh semua orang. Hal itu pun dapat merugikan pemiliknya, apabila di dalam perangkat tersebut ada banyak data penting.

Jika perangkat Anda ditemukan oleh orang tidak bertanggungjawab, bukan tidak mungkin data-data penting yang Anda miliki dapat digunakan untuk hal-hal yang salah. Hal tersebut dapat merugikan Anda.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari data di smartphone Anda disalah gunakan. Pertama, pengguna dapat mencari lokasi ponsel Anda dengan menggunakan aplikasi Find My iPhone, atau Android Find untuk mencarinya.

Akan tetapi, jika hal tersebut sudah Anda lakukan namun tidak membuahkan hasil, pengguna dapat memblokir smartphone Anda supaya data-data yang ada di dalamnya tidak disalah gunakan oleh orang yang menemukan ponsel Anda.

Jika Anda masih belum mengetahui cara memblokir ponsel yang hilang, di bawah ini tim VOI telah menyusun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan data Anda.

Cara Memblokir Ponsel yang Hilang

Apabila Anda menggunakan perangkat iPhone atau iOS, pengguna dapat melakukan sejumlah cara untuk memblokir perangkat Anda, salah satunya adalah membuat keterangan hilang di Find My iPhone.

Kendati lokasi hilangnya iPhone Anda tidak terdeteksi menggunakan aplikasi Find My iPhone, Anda tetap bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk memblokir perangkat Anda.

Caranya, buat keterangan hilang di aplikasi Find My iPhone, dan pilih menu "Lost Mode". Selanjutnya, Anda dapat menulis pesan singkat kepada orang yang menemukan perangkat Anda.

Cara lainnya adalah melakukan klaim kehilangan, atau pencurian ke layanan AppleCare+. Untuk menggunakannya, perangkat Anda harus sudah terdaftar dan dilindungi dengan AppleCare+.

Pengguna dapat meminta perangkat baru untuk menggantikan perangkat yang hilang setelah semua prosedur dilalui. Anda juga dapat meminta pihak Apple untuk memblokir perangkat Anda yang hilang lewat IMEI, supaya tidak dapat digunakan oleh orang yang menemukannya.

Sementara itu, untuk ponsel Android, pengguna dapat membuat keterangan hilang di Android Find. Caranya kunjungi situs resmi Google Android dan login menggunakan alamat email yang terhubung dengan ponsel Anda.

Selanjutnya, pilih menu "Secure Device" untuk mengunci perangkat Anda dari jarak jauh. Anda pun dapat memberi pesan singkat kepada penemu ponsel Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memblokir perangkat ponsel Anda menggunakan Android Find. Pengguna dapat mengaktifkan fitur Erase Device di Android Find untuk memblokir perangkat.

Dengan demikian, data yang terdapat di dalam ponsel Anda akan terhapus secara otomatis. Namun, ponsel Android Anda tetap bisa digunakan oleh orang yang menemukannya.

Demikianlah cara yang dapat Anda lakukan untuk memblokir ponsel yang hilang supaya data-data penting yang ada di dalamnya tidak disalahgunakan oleh orang yang menemukannya.