4 Cara Agar HP Tidak Bisa Dilacak Melalui IMEI
Ilustrasi (Foto: Pixabay/JESHOOTS-com)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) ternyata dapat dikloning dan disalahgunakan untuk melacak keberadaan perangkat. Anda mungkin tidak pernah membayangkan aksi ini bisa dilakukan. Untuk mengindarinya, Anda perlu tahu cara agar HP tidak bisa dilacak melalui IMEI.

Kloning IMEI merupakan tindakan menyalin nomor IMEI dari perangkat seluler yang sah ke perangkat ilegal. Kloning IMEI biasanya dilakukan oleh pengedar ponsel ilegal (black market) ataupun penjahat yang dengan sengaja ingin melakukan penipuan atau melacak keberadaan perangkat yang nomor IMEI-nya terkloning.

Lantas, bagaimana cara supaya HP tidak bisa dilacak melalui IMEI? Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat, 22 Maret 2024, berikut informasi selengkapnya.

Cara Agar HP tidak Bisa Dilacak Melalui IMEI 

1. Matikan fitur layanan lokasi

Sebagian besar smartphone saat ini sudah dibekali dengan fitur layanan lokasi. Fitur ini berguna untuk mengetahui lokasi pemilik ponsel ketika menggunakan perangkat.

Agar keberadaan ponsel tidak terlacak melalui IMEI, Anda perlu menonaktifkan fitur Location. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka sistem User Interface (UI) atau status bar dengan cara geser ke bawah layar bagian atas.
  • Pada fitur “Location” Anda bisa matikan mengonfirmasi penonaktifkan lokasi jika muncul pesan peringatan.
  • Fitur layanan lokasi nonaktif dan perangkat tidak akan mencari informasi lokasi Anda saat ini. Akan tetapi, perlu diingat bahwa beberapa layanan atau aplikasi mungkin tidak bisa digunakan ketika anda menonaktifkan fitur “Location” di perangkat Anda.

2. Sesuaikan pengaturan lokasi ponsel

Fitur ini disebut sebagai ‘Frequent Locations’, berfungsi untuk mengetahui dimana Anda berada, berapa lama Anda berada di sana, dan berbagai aktivitas lainnya. Bila Anda tidak nyaman dengan fitur ini, Anda bisa mematikannya dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Buka “Pengaturan”
  • Ketuk “Lokasi atau lanjutan”.
  • Onaktifkan “gunakan Lokasi”.
  • Pilih hapus Riwayat Lokasi untuk menghapus chache perangkat”.

3. Menggunakan mode pribadi saat menggunakan browser

Menggunakan mode pribadi ketika menjelajahi internet menggunakan browser atau peramban juga termasuk salah satu cara agar HP tidak bisa dilacak melalui IMEI.

Dengan menggunakan mode pribadi atau penyamaran saat menggunakan web browser, aktivitas yang Anda di dunia maya tidak akan tersimpan.

Berikut panduan menggunakan mode pribadi ketika menggunakan browser:

  • Buka browser di smartphone Anda
  • Klik menu “Pengaturan”, lalu pilih “New Incognito Tab”.
  • Tab baru mode penyamaran terbuka dan Anda bisa berselancar tanpa menyimpan informasi penting seperti History penelusuran, Cookies, dan data situs.

Kendati hal ini bukan cara agar lokasi HP tidak bisa dilacak, mode penyamaran bisa membantu Anda agar tidak menyimpan informasi penting. Sehingga layanan lain tidak bisa mengambil data dari apa yang pernah Anda lakukan selama menjelalah internet.

4. Mematikan fitur Find My Device

Sedianya, fitur ini sangat bermanfaat karena dapat melacak ponsel yang hilang atau tidak diketahui keberadaannya. Akan tetapi, bila Anda mengaktifkannya setiap hari, maka ada risiko IMEI bisa terkloning dan perangkat dapat dilacak oleh penjahat di dunia maya.

Untuk mencegahnya, Anda bisa menonaktifkan fitur ini ketika ingin melalukan hal yang rahasia. Kemudian bila HP digunakan untuk harian, Anda bisa menghidupkannya agar ponsel Anda bisa dilacak ketika hilang.

Demikian informasi tentang cara agar HP tidak dilacak melalui IMEI. Dapatkan iupdate berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.