Persiapkan Langkah-langkah Ini Jika Ponsel Android Anda Dicuri atau Hilang
Persiapkan hal ini jika Anda kehilangan ponsel Android Anda (foto: Play Store/Dinda Buana Putri/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kehilangan ponsel adalah mimpi buruk bagi sebagian orang. Entah karena dicuri, terjatuh, atau lupa meletakkannya bisa terjadi di waktu yang tidak bisa diprediksi. 

Jika ponsel Anda hilang, secara otomatis Anda akan kehilangan keseluruhan data yang ada di sana, kecuali Anda sudah melakukan langkah-langkah untuk melindungi data Anda. 

Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda persiapkan untuk menjaga-jaga bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti di atas. 

Cadangkan Data Anda

Kehilangan ponsel Anda identik dengan kehilangan data, tapi seharusnya Anda dapat meminimalisir kehilangan data tersebut dengan mencadangkan data Anda. 

Sayangnya, menyimpan cadangan semua data Anda tidak sesederhana kelihatannya. Sebagian besar aplikasi cadangan Android populer di luar sana memiliki banyak kekurangan. Baik itu masalah privasi, frekuensi pencadangan, jumlah data yang dapat Anda cadangkan, atau jenis data yang dapat Anda cadangkan.

Opsi pencadangan pertama yang bisa menjadi pertimbangan Anda adalah fitur pencadangan bawaan dari Android Anda. Beberapa opsi ini mungkin akan sedikit berbeda, tergantung pada versi Android yang Anda jalankan. Untuk mengakses fitur:

  1. Buka aplikasi pengaturan Anda, gulir ke bawah dan ketuk di Google > Cadangan
  2. Aktifkan Cadangkan ke Google Drive 
  3. Gulir ke bawah dan ketuk Foto Google lalu aktifkan Cadangkan dan Sinkron. 
  4. Gulir ke bawah dan ketuk Cadangkan folder perangkat. 
  5. Pada menu berikutnya, aktifkan semua folder gambar yang perlu Anda cadangkan. 

Jika sudah, pencadangan ini akan mencakup pengaturan, foto, video, SMS, wallpaper, log panggilan, preferensi perangkat, dan juga data aplikasi Anda untuk aplikasi yang dipilih.

Walaupun sudah mencakup banyak, ini bukan berarti tidak ada kekurangan. Beberapa file media dan data aplikasi bisa saja terlupakan. Untuk mengatasi hal itu, Google memiliki solusi pencadangan terpadu yang disebut Google One. 

Di Google One, Anda dapat mengelola file yang dicadangkan ke Google Foto, Google Drive, dan sistem pencadangan bawaan Android dari satu antarmuka.

Lindungi Data Anda di Ponsel Anda

Jika ponsel Anda hilang, data yang ada di ponsel Anda akan dalam bahaya, apalagi jika digunakan oleh orang jahat. Jika Anda memiliki dokumen rahasia atau file media yang tidak Anda inginkan di domain publik, penting untuk memastikan tidak ada yang dapat mengaksesnya jika Anda kehilangan ponsel.

Untungnya, aplikasi Files by Google dapat menjaga keamanan file Anda. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur Folder Aman, yang dapat menyimpan file dalam folder terenkripsi yang hanya dapat diakses melalui aplikasi setelah memberikan pin.

Anda juga dapat menemukannya di Play Store jika Anda belum menginstalnya. Untuk menyiapkan dan mengamankan file Anda:

  1. Di Files by Google, pilih Jelajahi
  2. Buka Koleksi dan ketuk Folder Aman
  3. Di layar Pilih Kunci, pilih PIN atau Pola dan ketuk Berikutnya
  4. Pada layar Konfirmasi PIN atau Konfirmasi Pola, masukkan kembali PIN atau pola Anda dan ketuk Berikutnya
  5. Di layar berikutnya, ketuk Mengerti

Untuk mengamankan file Anda menggunakan aplikasi Files by Google:

  1. Pilih file apa saja dari mana saja dalam aplikasi Files by Google.
  2. Ketuk tiga titik di sudut kanan atas layar aplikasi.
  3. Ketuk Pindahkan ke Folder Aman

Siapapun yang memegang ponsel Anda tidak dapat mengakses file Anda jika tidak memiliki PIN atau pola untuk membukanya. 

Fitur Find My Device

Fitur Find My Device bawaan Android diklaim dapat menghapus data ponsel Anda dari jarak jauh jika ponsel Anda jatuh ke tangan yang salah. Untuk menghapus data Anda, ponsel Anda harus:

  • Terhubung ke data seluler atau Wi-Fi
  • Terlihat di Google Play
  • Masuk ke akun Google Anda
  • Aktifkan Temukan Perangkat Saya

Mungkin cara yang sudah VOI jelaskan, setidaknya dapat meminimalisir kehilangan data atau penyalahgunaan data secara keseluruhan, jadi tidak ada salahnya persiapkan ponsel Anda agar data tetap aman.