5 Cara Mudah Jika Suka Lupa Password di Ponsel Android
Ilustrasi ( Image Credit: Mika Baumeister / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Banyaknya aktivitas yang kita lakukan setiap hari sering kali membuat kita lupa personal identification number (PIN) yang ada pada smartphone. Jangan panik terlebih dahulu, karena ternyata ada hal mudah untuk mengatasinya.

Namun, bagi Anda pengguna smartphone Android, Anda bisa menyimak cara mengembalikan ponsel Android Anda ketika lupa kunci pola atau PIN, seperti dikutip dari Makeuseof, Sabtu 24 Oktober.

1. Smart Lock

Ini adalah fitur Android yang memungkinkan Anda menentukan kondisi tertentu untuk melewati keamanan layar kunci Anda.

Pada fitur ini, Anda diminta untuk memasukkan kata sandi kunci Anda saat ini untuk membuat perubahan pada fitur. Kemudian Anda dapat memilih lima opsi yang memungkinkan untuk membuka kunci ponsel cerdas Anda tanpa kata sandi.

Salah satu opsinya bisa menggunakan Wajah atau Voice Match. Kemudian, jika Anda telah memilih opsi ini sebelum Anda lupa kata sandi, Anda dapat menggunakannya untuk mengakses kembali telepon Anda.

Namun, Anda tidak dapat mengubah Smart Lock atau pengaturan kata sandi tanpa memasukkan kata sandi Anda saat ini. Jadi, Anda mungkin masih perlu mengembalikan ke setelan pabrik, tetapi setidaknya Anda dapat mencadangkan semua data di ponsel terlebih dahulu.

2. Find My Device

Aplikasi Find My Device ternyata tidak hanya berfungsi untuk menemukan perangkat Anda yang hilang. Saat Anda lupa password ponsel, ini adalah cara termudah untuk mendapatkan kembali akses ke perangkat Anda. Simak caranya:

- Pertama gunakan perangkat komputer Anda untuk mengoperasikan Find My Device.

- Kemudian, masuk ke layanan Find My Device dengan Google, yang sebelumnya dikenal sebagai Android Device Manager.

- Lalu pilih perangkat yang dimaksud dari daftar perangkat yang terkait dengan akun Anda. Ketuk Lock.

- Setelah Anda mengunci ponsel dengan kode baru, kode tersebut menimpa kode asli yang tadinya Anda lupa.

- Terakhir, Anda akan memiliki akses ke ponsel dengan kode baru.

3. Akun Google

Seperti julukannya, raksasa teknologi Google dapat melakukan segala hal. Ya, ternyata Google juga dapat membantu jika lupa dengan kuncil layar di ponsel Anda.

Lalu bagaimana cara Google bekerja? Jika Anda sudah mencoba membukanya kesekian kali namun tidak berhasil, jangan panik. Ini caranya untuk mengatasi masalah itu.

- Saat Anda mencoba untuk membukanya berkali-kali nantinya akan muncul opsi di bagian bawah layar yang bertuliskan Forgot Pattern.

- Klik, kemudian masuk ke akun Google Anda.

- Setelah diautentikasi dengan akun Google, Anda akan dapat memilih PIN baru, pola, kunci, dan opsi lainnya. Selanjutnya, Anda bisa membuka kunci ponsel dengan password baru.

4. Retas Kunci Layar

Metode kali ini hanya berfungsi untuk perangkat terenkripsi yang menjalankan Android 5.0 hingga 5.1.1. Tetapi patut dicoba jika Anda cocok dengan cara ini.

Untuk merusak layar kunci dan mendapatkan akses ke ponsel Anda, berikut langkahnya.

- Ketuk opsi Panggilan Darurat di layar kunci Anda.

- Gunakan dialer untuk memasukkan 10 tanda bintang. Ketuk dua kali untuk menyorot teks ini dan pilih Salin.

- Tempel karakter yang dipilih di sebelah karakter asli yang disalin.

- Kemudian, terus ulangi proses menambahkan lebih banyak karakter ke ruang kata sandi. Buka pintasan kamera dan tarik bayangan pemberitahuan ke bawah.

- Ketuk ikon pengaturan, nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi.

- Tekan lama kolom input dan pilih opsi Tempel. Kemudian ulangi prosesnya beberapa kali untuk menyalin dan menempelkan lebih banyak karakter.

- Terakhir, layar kunci akan macet dan memungkinkan Anda untuk mengakses perangkat Anda kembali.

5. Keamanan Pihak Ketiga atau Factory Reset

Beberapa produk smartphone sering menggabungkan perangkat lunak untuk keamanan mereka sendiri ke dalam ponsel, seperti Find My Mobile yang dimiliki Samsung. Fitur tersebut dapat sangat berguna agar Anda tidak menggunakan layar kunci saat membuka ponsel, tetapi Anda harus mengaturnya lebih dahulu.

Dan terakhir, jika beberapa cara di atas tidak dapat berfungsi. Anda harus melakukan pengaturan ulang pabrik atau Factory Riset. Tentu saja, ini juga akan menghapus semua data di ponsel Anda.

Tetapi, jika Anda telah masuk ke akun Google dan mencadangkannya, Anda dapat masuk kembali ke akun yang sama setelah menyetel ulang dan memulihkan banyak akun.