Kelupaan Sandi atau Pola untuk Membuka HP, Begini Caranya
Cara membuka pola kunci layar android (Tech Update)

Bagikan:

JAKARTA - Smartphone dilengkapi dengan berbagai fitur penguncian untuk menjaga privasi mulai dari pola, kombinasi angka hingga sidik jari. Namun bagaimana jika kalian lupa kata sandi maupun pola yang mengunci layar ponsel atau aplikasi.

Tentu membutuhkan usaha ekstra untuk menyegarkan ingatan agar bisa membukanya. Tapi tak perlu panik, VOI sudah mengumpulkan dari berbagai cara untuk membuka ponsel yang terkunci. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan:

Android Reset

Cara ini bisa menjaminmu untuk membuka kunci HP. Hanya saja, prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Serta kemungkinan data-data yang disimpan akan hilang.

Maka dari itu, membuka pola HP yang terkunci dengan reset baiknya kamu jadikan sebagai langkah terakhir. Solusi yang dilakukan jika semua langkah di atas enggak bisa digunakan.

Lewat fitur ‘Lupa Pola’

Satu cara paling mudah dan cepat membuatmu bisa membuka pola HP yang terkunci dengan cepat yakni lewat fitur Lupa Pola. Namun, fitur ini hanya bisa diterapkan pada Android 4.4 KitKat aja.

Caranya mudah. Pertama, cukup masukkan pola kunci HP yang salah dulu. Setelah itu akan muncul pemberitahuan ‘Lupa Pola’ di layar. Ketuk tombol Next yang muncul di layar.

Selanjutnya akan muncul layar menu baru yang bisa kamu pakai untuk membuka Android yang lupa pola.

Ketuk menu tersebut. Kemudian layar akan membawa Anda membuka halaman login Gmail.

Dan untuk me-reset pola kunci, Anda cuma butuh memasukkan beberapa data yang sudah disimpan oleh Google dari akun. Contohnya seperti pertanyaan keamanan yang kerap diajukan Google jika kamu ingin mengubah password.

Setelah berhasil masuk ke akun Google, Anda akan dimintai pola baru untuk perangkat. Bikin pola baru dan masukkan ke layar. Konfirmasikan jika pola yang akan kamu dipakai. Voila, kunci layar pun terbuka.

Melalui fitur Android Lock Screen Removal

Salah satu kelemahan utama dari menggunakan ‘Lupa Pola’ yakni tidak bisa diterapkan pada perangkat Android baru. Padahal, sebagian besar ponsel Android saat ini sudah dibekali dengan sistem operasi minimal versi Marshmallow.

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, yakni aplikasi penghapus pola kunci layar bikinan Dr.Fone. Kelebihan dari aplikasi ini yakni enggak membahayakan perangkat maupun keamanan data.

Fitur ini merupakan bagian dari aplikasi toolkit bikinan Dr.Fone. Bisa dipastikan kalo  aplikasi Android Lock Screen Removal ini bisa berjalan dan mendukung untuk hampir semua perangkat.

Apalagi, desain tampilan antarmuka dari aplikasi ini sudah dirancang agar pengguna pemula mudah menggunakannya. Sehingga, jika Anda ingin cara yang lebih mudah dalam membuka kunci layar yang lupa pola, bisa langsung install dan gunakan aplikasi ini.

Boot Android dan masuk ke System Recovery

Cara ini layak kamu lakukan jika lupa password Google atau tidak memiliki kneksi data. Namun wajib dicatat, cara ini juga bisa menghapus seluruh data dan informasi yang sudah tersimpan.

Contohnya seperti data akun email, cache, aplikasi yang sudah ter-install selain bloatware, pengaturan HP, serta data-data yang sudah tersimpan di penyimpanan internal. Yang pasti, langkah ini bakal mengembalikan kondisi HP seperti saat Anda membelinya.

Caranya tidaklah sulit. Anda hanya perlu menonaktifkan perangkat. Kemudian, lepas kartu SD -supaya tidak ikut terhapus saat proses format.

Jika sudah, hidupkan kembali ponsel dengan cara menekan dan tahan tombol Power dan Volume Down selama beberapa saat. Tunggu hingga layar menampilkan menu Boot Android.

Pilih menu System Recovery dengan cara menekan tombol Volume Up. Begitu melihat menu Android Sytem Recovery, klik menu tersebut. Kemudian, pilih menu Wipe/Factory Data Reset.

Terakhir, konfirmasikan perintah dengan menekan tombol Yes. Tunggu selama beberapa saat hingga selesai. Lalu ketuk tombol Home agar Anda kembali ke menu awal. Kemudian ketuk menu Reboot Device.

Jika semua langkah-langkah di atas sudah kamu dijalankan, maka ponsel Anda yang terkunci pun akan otomatis terbuka. Mudah, bukan?