Fitur Belanja Facebook Bakal terkoneksi dengan Instagram dan WhatsApp
Contoh fitur WhatsApp Shops (WhatsApp)

Bagikan:

JAKARRTA - Facebook bakal menghadirkan fitur belanja pada aplikasi pengiriman pesan WhatsApp. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh CEO Mark Zuckerberg dalam akun Facebook pribadinya. 

Zuckerberg menyampaikan bahwa fitur Shops yang ada di WhatsApp ini bakal mempermudah pengguna buat berkomunikasi dengan penjual. Pengguna bisa menanyakan terkait produk; baik ketersediaan maupun informasi yang lebih detail.

Sayangnya, belum diketahui secara pasti terkait perbedaan WhatsApp Shop dengan WhatsApp Business yang sekarang sudah bisa dimanfaatkan pengguna.

“Lebih dari 1 milyar prang menggunakan Facebook Marketplace tiap bulan. Jadi, kamu membuatnya lebih mudah untuk pebisnis membawa dengan membawa Shops dan Facebook Marketplace mereka ke lebih banyak orang,” tulis Zuckerberg melalui akun pribadi Facebook miliknya.

WhatsApp Shops

Seperti kita tahu, fitur Shops yang ada pada platform Instagram bisa dipakai untuk menunjukkan katalog produk yang dijual. Seperti umumnya katalog, di dalamnya berisi informasi seputar produk serta harga. 

Di samping katalog, IG juga menyediakan tombol yang bisa membawa calon pembeli berpindah menuju website resmi penjual. Dan berkat kemudahan itu pula, komunikasi antara pembeli dan penjual pun bisa berjalan lebih cepat dan mudah.

Tak begitu jauh berbeda, fitur yang sama juga bisa kita temukan pada WhatsApp Business. Platform mandiri yang diperuntukkan bagi pemilik usaha ini juga menyediakan halaman di mana calon pembeli bisa melihat katalog produk serta berkomunikasi langsung dengan penjual.

Maka, bisa diperkirakan bahwa WhatsApp Shops bakal mengulang formula yang sama. Jenis formula yang bertujuan untuk mempermudah komunikasi antara penjual dan pembeli. Serta rancangan agar proses jual-beli bisa diselesaikan lewat satu platform saja.

[/see_also]

- https://voi.id/teknologi/61538/berkenalan-dengan-instagram-reels-begini-cara-pakainya

- https://voi.id/teknologi/61469/google-di-ponselmu-masih-terus-berhenti-begini-cara-mengatasinya

- https://voi.id/teknologi/61093/cara-merawat-baterai-ponsel-biar-i-gak-i-cepat-habis

- https://voi.id/teknologi/61089/kelupaan-sandi-atau-pola-untuk-membuka-hp-begini-caranya

- https://voi.id/teknologi/60702/masih-pakai-windows-7-dan-8-kini-bisa-i-upgrade-i-ke-windows-10

[/see_also]

Facebook Augmented Reality Ads (Tech Crunch)

Shop Ads di Facebook Marketplace

Pengembangan yang dilakukan perusahaan tak hanya untuk WhatsApp saja. Zuckerberg turut menyampaikan bahwa pihaknya juga berencana bakal menambahkan fitur Shop Ads pada Facebook Marketplace.

Menurut penjelasannya, fitur Shop Ads bakal membuat pengalaman belanja yang dilakukan pengguna terasa lebih personal. Pasalnya, Smart Ads bakal menyuguhkan pengguna iklan terkait produk yang sesuai pencarian mereka. 

“Kami juga akan mengumumkan kemampuan bisnis baru yang berguna mengarahkan pembeli ke tempat yang kemungkinan besar mereka akan melakukan pembelian berdasarkan perilaku belanja,” papar Zuckerberg dikutip VOI dari Tech Crunch, Jumat, 25 Juni.

Tak hanya menyuguhkan iklan berdasarkan histori pencarian pengguna, Shops Ads juga bakal didukung teknologi Augmented Reality (AR) yang diberi nama AR Dynamics Ads. 

Sebelumnya, kemampuan ini sudah hadir lebih dulu untuk pasar Amerika Serikat saja. Bahkan, sudah diujicoba oleh sejumlah brand besar -misal Laura Mercier dan Huda Beauty. 

Sayangnya, fitur tersebut masih terbatas di negara tertentu. Dan melalui pengumuman tersebut, bisa diperkirakan bahwa perusahaan sudah mulai mempertimbangkan untuk merilis fitur secara global.