Wajib Tahu, Begini Ciri-Ciri Ponsel Kena Serangan Virus
Ciri-ciri HP kena serangan virus (Lifewire)

Bagikan:

JAKARTA - Sudah tak terbilang lagi jumlah serangan siber di dunia. Seiring perkembangan teknologi, semakin beragam pula cara serta target dari serangan siber. Dan salah satu yang saat ini sering dijadikan sasaran adalah smartphone.

Bukanlah rahasia lagi bila serangan siber bisa sangat merugikan korban. Kita kini bisa dengan mudah menemukan berita terkait salah satu jenis kejahatan digital ini.

Contoh yang paling baru adalah serangan DoS yang dialami situs VOI beberapa hari lalu. Dalam serangan tersebut, website VOI tidak bisa diakses selama beberapa jam. Apakah Anda kemarin melihatnya?

HP Terkena Virus

Lantas, bagaimana jika serangan tersebut menimpa smartphone yang kita gunakan? Beruntungnya, ada beberapa ciri HP yang terkena serangan virus. Dirangkum dari berbagai sumber, begini ciri-ciri yang bisa Anda kenali dengan mudah.

Kuota Data Internet Cepat Habis

Apakah Anda sering merasa kuota cepat habis meskipun jarang dipakai untuk mengakses file berukuran besar? Entah untuk buka Instagram dalam waktu lama, swiping beranda TikTok untuk menemukan FYP terbaru, atau streaming film Netflix.

Jika Anda jarang melakukan kegiatan di atas tapi kuota internet dirasa cepat habis, waspadalah. Bisa jadi ada virus atau malware yang terpasang pada perangkat.

Pasalnya, virus atau malware bisa meretas sistem untuk kemudian mengirimkan data pribadi ponsel milik Anda menuju server yang sudah disiapkan peretas. Apesnya, proses pengiriman tersebut memanfaatkan data internet yang tersedia.

Pada beberapa kasus, Anda akan menemukan keberadaan aplikasi yang tidak dikenal. Biasanya, aplikasi ini yang membuat memori internal jadi penuh.

Sering Muncul Iklan Pop-up

Biasanya, kita akan melihat menu pop-up sebagai bentuk pemberitahuan. Baik pemberitahuan pesan masuk atau dari aplikasi tertentu. Namun, saat smartphone terkena serangan virus, pop-up akan terus menerus muncul dan mengganggu.

Biasanya, jenis iklan tersebut bakal muncul saat Anda mengakses website yang tidak resmi. Contohnya yakni situs yang menyediakan film atau manga bajakan.

Jika sampai Anda mengklik iklan pop-up tersebut, maka ada kemungkinan bahwa virus bisa mengakses perangkat milik Anda. Maka, mulai pertimbangkan jika Anda ingin mengakses website ilegal. Meskipun data yang ditawarkan bisa diakses secara gratis, tentu Anda tidak ingin data pribadi menyebar, bukan?

Memang, kini sudah tersedia banyak pilihan aplikasi antivirus. Tapi jangan sampai Anda terlalu mengandalkan layanan aplikasi tersebut. Tanpa mengubah kebiasaan dalam berseluncur di dunia maya, virus akan mudah menemukan celah untuk menyerang perangkat Anda.