Tak Ingin Kalah Bersaing, Google Garap Fitur <i>Find My</i> Mirip Apple
Foto: Apple & 9to5Google

Bagikan:

JAKARTA - Apple dan Google kerap bersaing dalam menyediakan aplikasi yang bermanfaat untuk penggunanya. Tak ayal, keduanya sering kali membuat fitur  yang sama, tetapi berbeda dalam kecanggihannya.

Salah satu fitur Apple yang belum dimiliki Android adalah Find My. Fitur ini dapat membuat perangkat Apple menjadi pemancar sinyal untuk menemukan perangkat yang hilang.

Menurut anlisis 9to5Google yang dikutip The Verge, Minggu 20 Juni, Google bakal menghadirkan fitur serupa di Android. Analisis itu juga menemukan adanya tombol untuk mengaktifkan fitur tersebut di Google Play Services versi beta.

Menariknya, terdapat pula deretan kota yang menunjukkan kemampuan ponsel guna mendeteksi lokasi perangkat lainnya. Diketahui, Android memang sudah memiliki fitur yang sama seperti Find My, yakni Find My Device. Namun, fitur ini hanya bisa dipakai untuk mencari perangkat lain dengan kondisi menyala, terhubung ke internet dan GPS aktif.

Sementara fitur Find My yang dimiliki Apple tidak membutuhkan itu, bahkan fitur tersebut bisa mencari lokasi secara akurat hanya dengan menggunakan UltraWide Band (UWB).

Sayangnya, belum diketahui sistem seperti apa yang nantinya bakal digunakan oleh Google. Meski begitu, fitur pencarian perangkat ini tidak hanya dimiliki Apple saja, Samsung juga punya Galaxy Find yang cara kerjanya pun mirip dengan raksasa Cupertino, AS itu.