Cara Mengubah Pengaturan Notifikasi dan Quick Actions di Windows 10
Cara Mengubah Pengaturan Notifikasi dan Quick Actions di Windows 10 (TechRepublic)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sistem operasi Windows 10 menyediakan fitur Action Center yang antara lain menampilkan notifikasi (pemberitahuan) dan Quick Actions (aksi cepat).

Fitur notifikasi di Windows 10 memungkinkan pengguna merespon secara langsung pemberitahuan yang masuk tanpa harus membuka aplikasi. Selain itu Anda juga dapat mengatur Quick Actions yang dapat ditampilkan di Action Center.

Notifikasi dan Quick Actions di Windows 10 dapat ditemukan pada ujung kanan Taskbar, pada perangkat Anda. Pengguna pun dapat mengubah pengaturan 2 fitur tersebut di Action Center pada perangkat Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menentukan aplikasi atau pengaturan apa saja yang dimunculkan sebagai pilihan yang dimunculkan di Quick Actions di Windows 10. Caranya pun cukup mudah.

Namun, jika Anda belum mengetahui bagaimana cara mengubah pengaturan notifikasi dan Quick Actions di Windows 10, Anda dapat menemukannya di dalam artikel yang disiapkan oleh tim VOI berikut ini..

Cara Mengubah Pengaturan Notifikasi di Windows 10

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk melakukan pengaturan notifikasi adalah memastikan komputer Anda menyala dan memiliki sistem operasi Windows 10.

Selanjutnya, klik tombol "Windows" pada keyboard komputer Anda atau klik "Start" pada pojok kiri bawah layar komputer Anda.

Setelah itu, cari menu "Setting" yang tersedia pada kolom yang muncul dan klik kolom tersebut. Masuk ke Systems dan cari menu Notification & actions.

Di menu Notifications, kamu dapat menyalakan atau mematikan semua jenis notifikasi yang dikehendaki. Misalnya, setelan notifikasi dari aplikasi, tips dan trik dan lainnya.

Cara menyalakan atau mematikan pemberitahuan adalah centang atau hilangkan tombol centang pada kotak yang tersedia dalam daftar menu aplikasi yang ada.

Klik Apply, dan pengaturan notifikasi di Windows 10 Anda akan disetel sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda pun dapat langsung menggunakannya.

Cara Mengubah Pengaturan Quick Actions di Windows 10

Selain mengatur notifikasi, Anda juga dapat menyetel susunan di panel Quick Actions yang ada di Action Center. Untuk melakukannya, Anda dapat memilih menu Quick Actions yang dikehendaki, kemudian tahan menu tersebut.

Selanjutnya, tarik menu yang diinginkan untuk mengatur ulang susunan di panel Quick Actions, kemudian klik "Done". Menu Quick Actions di Action Center Anda secara otomatis sudah diperbarui.

Anda pun dapat langsung menggunakan fitur-fitur yang Anda pilih pada Quick Actions untuk mempermudah pekerjaan.

Itu tadi adalah cara mengubah pengaturan notifikasi dan Quick Actions yang tersedia dalam sistem operasi Windows 10. Anda dapat mencobanya untuk mempermudah pekerjaan Anda.