Bagikan:

JAKARTA – Layanan VPN by Google One sudah tidak bisa diakses oleh para penggunanya. Sesuai dengan pengumuman Google pada April lalu, layanan ini resmi dimatikan pada Sabtu, 22 Juni pukul 02.00 WIB.

Bagi beberapa perangkat, dilansir dari 9to5google, koneksi dari VPN by Google mungkin masih tersedia. Namun, koneksi ini tidak akan bertahan lama karena fungsi internetnya akan tetap dihilangkan oleh Google.

Sekarang, saat pengguna membuka aplikasi Google One di ponsel, layanan tersebut akan menampilkan pesan yang bertuliskan, "VPN dari Google One tidak lagi tersedia." Ubin VPN juga tidak terlihat di pembaruan Android versi 1.223.x.

Aplikasi Google One untuk desktop juga memberi tahu para pengguna bahwa layanan VPN sudah tidak tersedia. Google pun menyarankan para pengguna untuk segera menghapus aplikasi VPN by Google yang sudah tidak berfungsi.

Untuk menghapus aplikasinya di Mac, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Finder.
  2. Klik Aplikasi di tampilan sidebar.
  3. Klik VPN by Google One dan seret ke Sampah.

Jika Anda menggunakan VPN by Google One di komputer dengan sistem Windows, cara menghapusnya sedikit berbeda. Berikut ini cara menghapusnya:

  1. Buka Pengaturan di menu Start.
  2. Klik Aplikasi, lalu cari bagian Aplikasi dan Fitur.
  3. Cari VPN by Google dan klik aplikasinya.
  4. Pilih menu Copot Pemasangan dan lakukan konfirmasi.

Khusus perangkat dengan sistem Android dan iOS, pengguna hanya perlu menghapus layanannya melalui pengaturan ponsel. Tergantung dengan sistem ponsel Anda, menghapus layanan VPN by Google bisa dilakukan di menu Koneksi atau menu khusus VPN.