Bagikan:

JAKARTA – Google membagikan kabar buruk belum lama ini. Melalui email yang dibagikan kepada para pelanggan, Google mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan layanan VPN by Google One.

Perusahaan di bawah naungan Alphabet itu tidak mengungkapkan tanggal penutupan layanannya. Namun, mereka memberi tahu para pengguna bahwa VPN by Google One akan dihapus secara bertahap pada akhir tahun ini.

Khusus untuk pengguna Pixel yang memakai layanan VPN by Google One, perusahaan mengatakan bahwa akses VPN akan tetap tersedia. "Anda akan terus menikmati akses VPN dari Google melalui pengaturan Pixel jika Anda memiliki Pixel 7 atau model yang lebih baru."

Google telah mengonfirmasi penghapusan layanan VPN by Google One. Kepada 9to5google, perusahaan itu mengatakan bahwa mereka memutuskan untuk menghapus layanan tersebut karena minimnya orang yang menggunakan layanan tersebut.

Dengan menghentikan layanannya secara resmi, tim bisa fokus dalam mengembangkan berbagai fitur di Google One. Keputusan ini juga tidak mengejutkan karena VPN by Google One bisa menyebabkan kerugian karena layanannya memerlukan pemeliharaan.

VPN by Google One pertama kali diluncurkan pada Oktober 2022 lalu. Layanan ini diluncurkan agar pengguna bisa memberikan perlindungan ekstra bagi perangkat Android. Aplikasi ini juga menjaga keamanan data yang tersimpan secara online.

Layanan ini bisa dibeli di situs web khusus Google One. Awalnya, VPN by Google One dibanderol dengan harga 9,99 dolar AS (Rp161 ribu) per bulan. Namun, pada Maret lalu, Google menurunkan harga paket Premium menjadi 1,99 dolar AS (Rp32 ribu) per bulan.