Bagikan:

 

JAKARTA - iOS 18 beta 3 kini hadir dengan fitur yang mempercantik tampilan layar beranda iPhone dengan otomatis menerapkan efek gelap pada ikon aplikasi pihak ketiga yang tidak teroptimalkan. Sebelumnya, ikon aplikasi yang berwarna terang dan tidak didukung akan mencolok di antara ikon yang lebih gelap, merusak estetika gelap dari layar beranda.

Dengan iOS 18 beta 3, semua ikon aplikasi kini beradaptasi dengan tema gelap, termasuk ikon yang tidak teroptimalkan dari pengembang pihak ketiga. Sistem operasi ini secara otomatis mendeteksi warna ikon dan menerapkan latar belakang gelap sambil mencoba mempertahankan identitas merek. Jika iOS 18 gagal menerapkan efek ini, sistem akan menambahkan filter yang meredupkan warna ikon.

Perubahan ini mendorong pengembang pihak ketiga untuk mendukung tema ikon aplikasi baru, karena efek otomatis tidak selalu terlihat sempurna dan dapat mengubah identitas merek mereka. Meskipun begitu, pengguna tidak perlu lagi berhadapan dengan layar beranda yang tidak konsisten, seperti yang terjadi pada beta 1 dan 2.

Selain efek ikon gelap otomatis, iOS 18 beta 3 juga memperkenalkan InSight di aplikasi Apple TV, dukungan RCS di lebih banyak negara, dan wallpaper dinamis. Bagi mereka yang tidak ingin menginstal versi pengembang, beta publik yang akan diluncurkan minggu depan akan membawa fitur-fitur yang sama.