Bagikan:

YOGYAKARTA - Apple merilis sistem operasi terbaru iOS 18 yang dipasangkan pada iPhone. Peluncuran sisten operasi teranyar untuk iPhone ini dilakukan dalam gelaran World Developers Conference (WWDC) 2024 di Apple Park, Cupertino, AS pada Selasa 11 Juni. 

Ada yang menarik dari iOS 18 karena lebih mirip seperti Android. Pada beberapa sistem operasi ini, dimunculkan banyak fitur baru yang sebelumnya tidak ada di iPhone namun sudah tersedia di ponsel buatan Google. 

Salah satu update yang signifikan pada iOS 18 adalah kemampuan personalisasi bagi pengguna. Hal ini memungkinkan pengguna lebih bebas menyetel ponselnya sesuai selera. Lantas apa saja fitur iOS 18 yang mirip Android dan kegunaannya?

Fitur iOS 18 Mirip Android

Peluncuran sistem operasi iOS 18 untuk iPhone ini mengejutkan para pecinta produk Apple. Bukan hanya karena update terbaru, namun lantaran beberapa fitur yang dihadirkan mirip dengan Android. Ponsel Android sudah lama menawarkan kemampuan yang serupa. 

Bagi para pengguna iPhone, berikut ini fitur-fitur iOS 18 pada iPhone yang Mirip Android:

Control Center

Pada iOS 18, pengguna iPhone dapat mengubah tata letak pusat kontrol yang sebelumnya tidak bisa diubah. Caranya dengan menggeser dan menahan dari sudut kanan atas. Control Center ini juga mencakup opsi aplikasi Apple maupun platform pihak ketiga.

Home Screen

Ikon aplikasi dan widget bisa diatur dengan bebas, tidak hanya dari kiri ke kanan atau atas ke bawah. Ikon aplikasi juga akan menyesuaikan dengan mode gelap atau warna latar belakang lainnya, mirip dengan yang ada di HP Android.

Game Mode

Untuk pertama kalinya, Apple menghadirkan Game Mode khusus di iPhone. Fitur ini memungkinkan iPhone meminimalisir aktivitas latar belakang untuk meningkatkan frame rates saat bermain game. Selain itu, pecinta game juga dapat menghubungkan AirPods dan kontroler game wireless dengan lebih mulus.

Photos

Tampilan baru untuk sistem iOS 18 ini mempertahankan grid dan perpustakaan pada layar yang sama. Tersedia opsi filter dan skala waktu yang memudahkan navigasi. Tampilan Koleksi menunjukkan kumpulan foto tertentu dengan menyaring tangkapan layar dan gambar yang tidak menarik untuk membuat kolase yang bagus. 

Foto favorit dan unggulan yang ada di galeri Anda akan ditempatkan di bagian atas. Selain itu, pengguna juga dapat menyortir konten foto dan video berdasarkan bulan dan tahun. Bagi bagian collection, pengguna dimungkinkan untuk mencari sesuai topik seperti perjalanan, memori, orang, dan lainnya. 

Mail

Tampilan Insight yang baru menampilkan statistik, Terdapat juga fitur penelusuran untuk membantu menemukan data lama. Selain itu, pengguna juga dapat mengkategorikan pesan dan memprioritaskan pesan di tempat mail. 

Messages

Tapback (reaksi pesan) kini dapat digunakan dengan emoji atau stiker apa pun. Ada juga fitur 'Send Later' yang memungkinkan Anda menjadwalkan pesan. Selain itu, terdapat format teks yang lebih baik seperti huruf miring, garis bawah, menebalkan, atau mencoret pesan. 

Efek teks juga hadir untuk membuat pesan lebih hidup, dengan opsi otomatis atau manual. Apple juga mengizinkan iPhone 14 dan model yang lebih baru dengan konektivitas satelit untuk mengirim pesan melalui satelit, baik itu iMessage atau SMS.

Lock Screen 

Dua shortcut yang sudah ada seperti senter dan kamera, kini dapat diubah. Hal yang sama juga berlaku untuk Action Button pada iPhone 15 Pro dan Pro Max.

Maps Topografi

Pengguna dapat mengetahui rute pendakian di Maps berkat peta topografi yang lebih akurat dan sesuai dengan kondisi asli suatu area. iOS 18 versi beta sudah tersedia untuk anggota Apple Developer Program, namun versi publiknya akan tersedia dalam waktu dekat.

Koneksi Satelit

Seperti yang telah banyak dibicarakan sebelumnya, iOS 18 kini mendukung RCS, fitur yang sebelumnya sudah ada di HP Android. Dengan RCS, pengguna iPhone bisa mengirim pesan melalui satelit tanpa harus mengaktifkan layanan seluler atau terhubung ke WiFi.

Demikianlah beberapa fitur iOS 18 yang mirip Android. Sistem operasi iOS 18 versi beta sudah dijalankan untuk anggota Apple Developer Program. Namun versi publik dari iOS 18  baru akan tersedia dalam beberapa waktu ke depan. Baca juga apa yang membuat iPhone boros baterai

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.