Bagikan:

JAKARTA - Sistem operasi iOS 18 beta 3 kini memungkinkan lebih banyak pengguna di berbagai negara untuk mencoba dukungan RCS (Rich Communication Services). Fitur peningkatan pesan ini sebelumnya hanya terbatas pada beberapa operator di AS, seperti T-Mobile, Verizon, dan AT&T. Namun, dengan pembaruan beta terbaru, pengguna iPhone di Kanada, Prancis, Jerman, dan Spanyol juga dapat menikmati layanan ini.

Menurut laporan dari 9to5Mac, iOS 18 beta 3 mengaktifkan dukungan RCS untuk pengguna iPhone di beberapa negara baru. Beberapa operator yang mendukung fitur ini termasuk Videotron, Telus Mobility, Bell, Telefonica, SFR, dan O2.

Pengguna yang memenuhi syarat dapat menemukan pengaturan RCS baru di bagian Pesan pada aplikasi Pengaturan setelah memperbarui ke beta terbaru. Fitur ini secara default sudah diaktifkan, sehingga pengguna tidak perlu mengaktifkannya secara manual.

Untuk yang belum familiar, protokol RCS memungkinkan beberapa fitur pesan yang berguna seperti berbagi media resolusi tinggi, tanda terima baca, indikator pengetikan, reaksi emoji, dan banyak lagi. Namun, untuk dapat menggunakan RCS, operator harus secara individu menerapkan dukungan RCS untuk pelanggan mereka.

Akibatnya, tidak semua pengguna iPhone akan dapat mengandalkan RCS ketika iOS 18 diluncurkan secara resmi musim gugur ini. Hal ini disebabkan oleh beberapa operator yang mungkin tidak mendukung fitur ini sejak hari pertama. Sampai saat itu, pengguna iPhone harus bersabar dengan batasan SMS atau menggunakan aplikasi pesan pihak ketiga.