Pixel Watch 2: Jam Tangan dengan Klaim Monitor Detak Jantung Terbaik
Google tambahkan fitur monitor detak jantung di Pixel Watch 2 (foto: dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA - Pada peluncuran Pixel Watch 2 di acara Made by Google, jam tangan pintar ini diperkenalkan dengan serangkaian kehebatannya. Salah satu kemampuan Pixel Watch 2 yang Google tonjolkan adalah kemampuan monitor detak jantungnya.

Melalui rilis di situs resminya beberapa waktu lalu, Google mengatakan bahwa Pixel Watch 2 menunjukkan hasil pelacakan paling akurat di antara pelacak dan jam tangan pintar lainnya, tentu saja termasuk dengan Fitbit.

Keakuratan ini didukung dengan tiga sensor baru yang Google kembangkan. Selain itu, Pixel Watch 2 juga menggunakan algoritme detak jantung berbasis Kecerdasan Buatan (AI) yang telah ditingkatkan.

Dengan banyaknya LED yang dihasilkan, detak jantung menjadi lebih akurat dibandingkan versi sebelumnya. Google pun mengatakan bahwa sensor ini 40 persen lebih akurat untuk berbagai aktivitas berat seperti Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT), berputar, dan mendayung.

Google mengakui bahwa mereka menggunakan fitur Respons Tubuh Fitbit di Pixel Watch 2. Fitur yang didukung sensor aktivitas electrodermal (cEDA) ini bisa menunjukkan tanda-tanda stres dari pendeteksian variabilitas detak jantung dan suhu kulit.

Meski Google sangat membanggakan fitur ini, tidak ada yang tahu seberapa akurat sensor detak jantung ini. Bahkan sekelas Fitbit Charge 4 pun tidak bisa mencapai keakuratan yang sempurna.

Fitbit memiliki kesalahan kurang dari 10 persen saat diuji coba dalam proyek penelitian JMR dan menjadi salah satu pengukur detak jantung terbaik sejauh ini. Jika Google mengeklaim Pixel Watch 2 lebih baik dalam pengukuran detak jantung, maka persentase kesalahan mereka lebih kecil dari Fitbit.

Namun, perlu diingat bahwa jam tangan pintar tak akan pernah akurat dalam mengukur detak jantung karena mereka bukan alat medis. Jangan terlalu mengandalkan Pixel Watch 2 ini dan terus pantau kesehatan dengan pergi ke dokter.