Bagikan:

JAKARTA - Pixel Watch memang salah satu perangkat terbaik milik Google, tetapi perangkat ini masih memiliki kekurangan karena perangkatnya yang mudah rusak. Terlebih lagi, Google tidak menyediakan opsi perbaikan untuk Pixel Watch.

Mengutip dari 9to5google, tahun lalu Pixel Watch menjadi pembicaraan karena jam tangan pintar yang satu ini mudah dirusak karena berbagai faktor. Dengan munculnya permasalahan ini, Google pun mengonfirmasi beberapa bulan kemudian bahwa mereka tidak menyediakan jasa perbaikan.

Tentu perangkat pintar tanpa servis perbaikan akan menjadi kekurangan besar. Masalah ini pun kembali terulang di Pixel Watch 2 seperti rincian yang dibagikan oleh Google. Perusahaan itu menjelaskan bahwa perbaikan layar karena kerusakan yang tidak disengaja tidak tersedia.

Namun, Google tidak benar-benar mengabaikan masalah kerusakan ini. Perusahaan itu menyediakan Preferred Care, garansi atau asuransi untuk menjaga perangkat Google dari kerusakan, baik karena ketidaksengajaan maupun karena kesalahan pabrik.

Garansi ini sendiri dikenakan biaya 4 dolar AS (Rp62 ribu) per bulan dan 89 dolar AS (Rp1,3 juta) untuk dua tahun. Paket ini tersedia dengan kurun waktu maksimal 60 bulan atau 5 tahun. Setelah waktu maksimal, pelanggan tidak bisa lagi mengajukan klaim asuransi.

Dengan berlangganan paket ini, pelanggan bisa mengajukan klaim sejumlah kerusakan yang tidak disengaja seperti jatuh, terkena tumpahan air, retakan, dan berbagai masalah mekanis lainnya.

Paket asuransi ini sebenarnya pernah ditawarkan pada Pixel Watch seri pertama, tetapi Google menghapusnya beberapa minggu kemudian, kecuali untuk para pelanggan Google Fi.