EU Minta Pendapat Pengguna dan Pesaing Terkait Kepatuhan Bing dan iMessage terhadap Aturan Teknologi Baru
Bing harus mematuhi peraturan teknologi baru yang ketat. (foto: twitter @bing)

Bagikan:

JAKARTA - Regulator Antitrust Uni Eropa sedang meminta pendapat pengguna dan pesaing Microsoft apakah Bing harus mematuhi peraturan teknologi baru yang ketat. Selain itu apakah hal yang sama harus berlaku untuk iMessage milik Apple. Ini ini diketahui dari sebuah sumber yang mengetahui masalah ini pada Senin, 9 Oktober.

Pada September, Komisi Eropa membuka penyelidikan untuk menilai apakah Bing, Edge, dan Microsoft Advertising serta iMessage milik Apple harus tunduk pada Digital Markets Act (DMA).

Penyelidikan ini dilakukan setelah kedua perusahaan memprotes regulator persaingan UE menyebut layanan ini sebagai layanan platform inti di bawah DMA.

DMA mengharuskan Microsoft, Apple, Google milik Alphabet, Amazon, Meta Platforms, dan ByteDance untuk memungkinkan aplikasi atau toko aplikasi pihak ketiga di platform mereka dan memudahkan pengguna beralih dari aplikasi bawaan ke pesaing, di antara kewajiban lainnya.

Komisi mengirimkan kuesioner awal bulan ini, yang menanyakan kepada pesaing dan pengguna untuk menilai sejauh mana pentingnya tiga layanan Microsoft dan iMessage milik Apple dibandingkan dengan layanan pesaing.

Mereka yang mengetahui masalah ini mengatakan badan pengawas UE itu juga menanyakan apakah ada sesuatu yang khusus dari layanan yang diandalkan oleh pengguna bisnis dan bagaimana layanan tersebut berfungsi dalam ekosistem perusahaan.

Mereka juga meminta jumlah pengguna yang menggunakan layanan tersebut. Responden diberi waktu kurang dari seminggu untuk memberikan umpan balik. Komisi ingin menyelesaikan penyelidikannya dalam waktu lima bulan.