Di Forum Tokoh Dunia, Anies Pamer Udara Jakarta Bersih
Ilustrasi/Bundaran HI (Angga/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerkan kondisi udara di Ibu Kota yang lebih bersih selama pandemi COVID-19. Anies menyampaikannya saat mengikuti acara Forum C40 bersama sejumlah kepala daerah dan tokoh dari berbagai negara. 

Forum ini membicarakan soal isu perubahan iklim. Temanya adalah "Sustainable Recovery: Time To Act, Overcoming the COVID-19 Crisis and Accelerating Climate Actions for the Future". 

Anies menuturkan, kota-kota besar saat ini berada di garis depan untuk menghadapi tantangan dan juga peluang. Kota-kota di seluruh dunia menghadapi yang paling parah terpukul oleh pandemi COVID-19, tetapi juga dampak dari perubahan iklim. 

"Mari kita ambil pandemi COVID-19 sebagai contoh. Karena pergerakan orang dibatasi, ekonomi kota melambat. Namun di sisi lain banyak kota dan penduduknya mengalami pengalaman langka. Apa itu? Udara bersih," kata Anies dalam acara yang digelar virtual di Youtube TIME TO ACT, Rabu, 17 Februari.

Di Jakarta, Anies menyebut daerahnya juga berhasil mengambil momentum udara yang lebih bersih dengan mencapai beberapa tonggak masalah transportasi dan mobilitas.

Di antaranya, Jakarta berhasil menurunkan urutan kota termacet sedunia. Setelah lama dianggap sebagai salah satu dari 10 kota teratas yang paling macet di dunia, indeks lalu lintas TomTom 2020. 

"Faktanya, kami turun ke posisi 31. Kedua, jumlah pengendara sepeda di Jakarta mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan di beberapa daerah meningkat sepuluh kali lipat," ucap Anies.

Anies menuturkan, Pemprov DKI berupaya mendorong orang untuk mengubah pola pikir mereka tentang bersepeda. Dari olahraga atau hiburan menjadi transportasi. 

"Ini adalah transformasi sederhana tetapi mengubah cara kita memandang bersepeda," ujar dia.

BACA JUGA:


Selain itu, Anies mengaku merangkul tren baru ini dengan mendorong program mobilitas lebih banyak lagi selama pandemi. Misalnya mengintegrasikan moda transportasi umum yang beragam. 

DKI juga telah menetapkan 96 kilometer jalur sepeda yang didukung oleh 52 tempat berbagi sepeda. Rencananya, akan diperpanjang sekitar 500 kilometer jalur sepeda. 

"Semua upaya ini dilakukan dengan kolaborasi. Melibatkan LSM, sektor privat, perguruan tinggi, bahkan individu warga. Mereka secara aktif terlibat, terlibat, dalam pembangunan kota," pungkasnya.

Dalam forum ini, hadir juga sejumlah tokoh dunia yang menjadi pembicara seperti Pendiri Bloomberg, Michael R. Bloomberg; Ketua C40 Cities yang juga Wali Kota Los Angels, Eric Garcetti; Wali Kota Paris, Anne Hidalgo.

Kemudian ada Gubernur Tokyo, Koike Yuriko; Pimpinan BlackRock, Philipp Hildebrand; Direktur Rockefeller Capita Management, David Rockfeller Jr; Pendiri Musingsmag.com, Susan Rockefeller; dan sebagainya.