Anies Baswedan Dinobatkan Gubernur Terbaik Sedunia? Ini Faktanya
Tangkap layar dari situs turnbackhoax.id

Bagikan:

JAKARTA - Beredar postingan dari akun Facebook Ambar Yunianto yang berisikan foto dengan narasi bahwa Anies Baswedan dinobatkan menjadi gubernur terbaik dunia. Unggahan tersebut membubuhkan foto Anies bersama sejumlah orang.

"DR. Anies Rasyid Baswedan dinobatkan mnjadi Gubernur terbaik dunia. Rakyat Indonesia patut bangga masih ada figur pemimpin terbaik di Indonesia," demikian narasi dalam gambar tersebut.

Tangkap layar dari situs turnbackhoax.id

Dilansir dari turnbackhoax.id, Selasa, 22 September, klaim Anies Baswedan dinobatkan sebagai gubernur terbaik dunia tidak benar dan termasuk dalam konten yang salah/false context.

Setelah melakukan penelusuran, foto tersebut diambil pada acara The 2019 World Cities Summit and Mayors Forum (WCSMF) yang diadakan di Medellin, Kolombia pada 10-12 Juli 2019. Pada acara tersebut Anies Baswedan turut hadir sebagai tamu undangan bersama sejumlah wali kota dari beberapa negara.

Menurut artikel periksa fakta factcheck.afp.com, Anies Baswedan hadir sebagai salah satu dari pembicara di forum tersebut. Sejumlah tokoh juga hadir di sana, di antaranya Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni. 

Pada acara tersebut juga disebutkan bahwa ada sekitar 54 wali kota dan pemimpin daerah yang diundang ke Medellin. Tidak ada proses penobatan Anies Baswedan sebagai gubernur terbaik dunia.

Foto klaim Anies menjadi gubernur terbaik dunia juga pernah diklarifikasi liputan6.com pada 23 Januari. Dalam penelusuran Liputan6.com, foto tersebut berasal dari akun twitter ACI Medellín, @acimedellin. Akun ini menambahkan narasi dalam foto tersebut.

"During the first session of #WCSMF, the mayors from all around 🌎 discussed how to strengthen social and institutional trust, the challenges they have faced in their cities and how the public, private and academic sectors have articulated to solve social problems #WCSMF2019," tulis akun twitter @acoimedellin.