Selesaikan Masalah Lingkungan Hidup, Anies Baswedan Usung Program Kolaborasi
Anies Baswedan. (Foto Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Menjaga dan melestarikan lingkungan hidup di Jakarta tak bisa didtangani sendiri. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menekankan perlunya kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak.

Menurut Anies persoalan lingkungan hidup yang ada di Ibu Kota harus diselesaikan dengan cara kolaborasi. "Jakarta mendeklarasikan diri sebagai kota kolaborasi, salah satu aspek paling mendasar dalam kehidupan kita yang harus diselesaikan secara kolaboratif adalah pengelolaan lingkungan hidup," kata Anies Baswedan dalam acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, di Jakarta, Sabtu 5 Juni.

Anies Baswedan mengatakan persoalan lingkungan hidup tidak mungkin dapat diselesaikan hanya dengan program kerja pemerintah saja, tetapi juga harus melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi.

"Pengelolaan lingkungan hidup adalah satu amanat yang tidak mungkin dikerjakan secara terprogram tapi harus dikerjakan dengan pendekatan gerakan," ujar Anies Baswedan.

Anies Baswedan

Anies menambahkan bahwa masyarakat juga perlu diajak sehingga memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga keberlangsungan lingkungan hidup di Jakarta.

Terlebih menurut dia, Jakarta juga memiliki banyak potensi sumber daya yang dapat digunakan untuk melakukan kolaborasi dalam mengatasi persoalan lingkungan hidup.

"Bila kami di pemerintahan menganggap untuk menyelesaikan masalah di Jakarta cukup pakai tangan pemerintah maka betapa meruginya kita karena potensi untuk bekerja sama menggunakan semua sumber daya jadi berkurang," jelas Anies Baswedan seperti dilansir Antara.